BNNK Bengkulu Gelar Tes Urine dan Sosialisasi P4GN di Kelurahan Sidomulyo

0
97

Bengkulu, BM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bengkulu kian gencar menggelar sosialisasi P4GN dan tes urine bagi ASN, kali ini di Kantor Kelurahan Sidomulyo dengan programnya kelurahan bersih dari Narkoba (Bersinar).

Kepala Kelurahan Sidomulyo, Aini, SE menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak BNN Kota Bengkulu atas terlaksananya kegiatan sosialisasi P4GN sekaligus tes urine.

“Kegiatan sosialisasi tentang P4GN ini sangat penting dilakukan khususnya di lingkungan kelurahan yang pada kesempatan kali ini dihadiri oleh para ketua RT, IRT dan juga mahasiswa agar setiap lapisan masyarakat mengetahui bahaya narkoba,” ujar Aini saat menyampaikan sambutan, Kamis (12/12/2019) pagi.

Senada demikian, Sekretaris Kecamatan Gading Cempaka, Juharti mengatakan pentingnya kepedulian masyarakat atas bahaya narkoba, sebab apabila masyarakat tidak peduli narkoba bisa sangat mudah masuk dan tinggal dalam masyarakat serta menjadi kebiasaan yang dianggap lumrah.

“Sehingga sangat penting agar dilakukan sosialisasi secara terencana agar setiap lapisan masyarakat mendapat edukasi secara bertahap, misalnya dari pengenalan apa itu narkoba, bahaya narkoba, serta pencegahan dan pemberantasannya,” sampainya.

Dikesempatan yang sama, dr. Liza menyampaikan bahwa narkoba tidak hanya merugikan secara ekonomi dan sosial namun juga berdampak buruk pada kesehatan. Narkoba dapat mengakibatkan ketergantungan yang membahayakan, dikarenakan dosis yang selalu ditambahkan pada setiap pemakaiannya.

“Pemakai yang sudah ketergantungan akan sangat sulit disembuhkan dan harus melewati masa rehab atau pemulihan untuk bisa kembali sehat dan kembali ke masyarakat. Oleh karena itu, sebelum menjadi parah, akan lebih baik jika dilakukan pencegahan penggunaan narkoba,” imbaunya.

Sementara itu, dalam arahannya, Kepala BNN Kota Bengkulu, Alexander S.Soeki, S.Sos mengatakan hari ini dirinya bersama tim BNN Kota Bengkulu melaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN dan tes urine bagi ASN di lingkungan Kantor Sidomulyo dan peserta sosialisasi di kantor Kelurahan Sidomulyo.

Kondisi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Kota Bengkulu tidak hanya ditemukan pada kelompok masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau pengangguran, namun sudah menjadi momok di lingkungan ASN, maupun masyarakat.

“Oleh karena itu, kita harus bisa lebih waspada dan kritis dalam memerangi narkoba di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini,” imbaunya.

Narkoba sudah menguasai seluruh lapisan masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan juga seluruh lapisan masyarakat untuk memberantasnya, dimulai dari orang tua, lingkungan sekitar dan penegak hukum serta semua elemen bangsa yang ada di kelurahan Sidomulyo.

“Ini untuk menciptakan kelurahan yang bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” tutupnya.

Tes urine dilakukan kepada 44 ASN dan peserta sosialisasi P4GN Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. (BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here