HPDKI Wadah Bagi Peternak Kambing dan Domba

0
60
Foto : Ketua DPC HPDKI Purworejo, Zain Panji Pangestu, saat memberikan sambutan (Hery Priyanyono)

PURWOREJO, BM – Kabar gembira bagi para peternak dan penghobi Kambing Etawa dan Domba. Saat ini sudah ada wadah organisasi bagi mereka. Adalah Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI).

Demikian diungkap oleh Akbar Mahali, selaku Ketua DPD HPDKI JawaTengah, saat mewngukuhkan HPDKI Cabang Purworejo, di Pendopo Agung, Sabtu(14/12/2019) siang tadi.

“Inilah wadah organisasi bagi kami para peternak, penghobi dan pecinta kambing serta hewan domba di Indonesia,” ucap Akbar.

Dia mengakui keunggulan kambing etawa Kaligesing yang berada di Kabupaten Purworejo adalah kambing yang sangat favorit dan diidolakan oleh pecinta kambing di Tanah Air.

“Kebanyakan dari mereka yang membutuhkan kambing, yang di cari adalah Kambing Etawa Kaligesing asal Kabupaten Purworejo,” tuturnya tadi.

“DPC HPDKI Purworejo, dibentuk karena antusias temen-temen Purworejo yang datang ke Silahturahmi Nasional (Silatnas) yang diselenggarakan di Cilacap19-20 Oktober 2019,” ungkap Akbar.

Sebagai Ketua DPC. HPDKI Kabupaten Purworejo, adalah Zain Panji Pangestu.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kelautan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, menyampaikan domba dan kambing merupakan ternak pemamahbiak yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

“Populasi tertinggi kambing berada di Jateng dan Jatim, sedangkan domba berada di Jabar. Dan tingkat konsumsi daging domba dan kambing meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Wasit.

Terpisah, Ketua DPC HPDKI Purworejo, Zain menerangkan bahwa kedepan masalah-malasah di dunia domba dan kambing bisa di cari solusinya baik pakan alternatif,  juga perlu riset  untuk mencari formula cara pembesaran atau penggemukan yang baik. (Hery Priyantono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here