Pemkab Rembang Canangkan Beasiswa Kuliah Gratis, Ini Tujuannya

0
104
Foto : Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz saat Talk Show Halo Bupati edisi Bupati Mengajar di SMA N I Sumber, Jum’at pagi (13/12/2019) kemarin.(Muhammad Minan Bashori).

REMBANG, BM – Program beasiswa kuliah gratis dari pemerintah Kabupaten Rembang, yang bertujuan agar bisa berpartisipasi dalam memajukan daerah dan mahasiswa yang sudah selesai menempuh pendidikan dan wisuda, diwajibkan untuk kembali daerah asal.

Hal ini menjadi salah satu harapan pemerintah daerah dengan memberikan fasilitas sekolah gratis hingga ke perguruan tinggi, agar mereka yang merupakan anak-anak cerdas, kelak dapat menerapkan ilmunya untuk kemajuan di kampungnya sendiri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz saat Talk Show Halo Bupati edisi Bupati Mengajar di SMA N I Sumber, Jum’at pagi (13/12/2019) kemarin.

Bupati Hafidz mengatakan, untuk beasiswa kuliah gratis, syaratnya berprestasi dan dari keluarga tidak mampu. Begitu diterima ke perguruan tinggi, yang bersangkutan bisa mengajukan permohonan beasiswa kepada Bupati melalui Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga.

Setelah program ini berjalan selama tiga tahun, kurang lebih 150 anak lulusan SMA sederajat dibiayai Pemkab. Tidak hanya anggaran untuk membayar kuliah, tetapi juga biaya hidup selama kuliah. Mereka tersebar diberbagai kampus seperti Undip, UGM, Unibraw, ITB dan beberapa kampus negeri lainnya.

Bupati menegaskan beasiswa hanya diberikan untuk siswa yang diterima diperguruan tinggi negri untuk diluar Rembang, sedangkan untuk didalam Rembang bisa diberikan untuk siswa yang masuk di perguruan tinggi swasta.

“Beasiswa siswa SD dapat Rp 1 Juta, SMP Rp 1,5 Juta, SMA Rp 2 Juta, lha yang kuliah ini tak terbatas, karena kami cukupi biaya kuliah dan biaya hidup. Soalnya antara di Undip sama UGM, berbeda. Pokoke tak biayai, tapi yen wis pulang Rembang, ojo malah ning Jakarta. Ini anak-anak cerdas, luar biasa, Rembang ben maju, “ terang Hafidz.

Ini merupakan upaya Pemkab untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Rembang. Sekaligus menghapus berbagai faktor yang mempengaruhi semangat siswa untuk meraih prestasi dalam bidang pendidikan.

“Saya berharap kepada seluruh siswa yang ada di Kabupaten Rembang agar terus semangat dalam belajar dan berprestasi meskipun banyak faktor sosial maupun ekonomi yang dapat menghambat,” imbuhnya.

Dalam hal ini pemerintah berupaya untuk menghilangkan hambatan-hambatan tersebut melalui beasiswa sekolah gratis hingga ke perguruan tinggi demi kemajuan Kabupaten Rembang. (Minan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here