Peringati Hari Disabilitas Internasional, Bupati Rembang Perintahkan Beri Akses

0
185
Foto : Momentum foto Bupati Rembang H. Abdul Hafidz bersama Disabilitas Multi Karya Rembang (DMKR) saat penyerahan sepeda motor modif untuk penyandang disabilitas. Sabtu (21/12/2019). (Muhammad Minan Bashori).

REMBANG, BM – Peringatan Hari Disabilitas Internasional ke- 27 dilaksanakan dengan cara berbeda. Sedikitnya ada 500 penyandang disabilitas dan sahabat komunitas dari Kabupaten Blora, Pati,  Kudus, Jepara dan Semarang saling bahu – membahu mesukseskan acara yang digelar di Pendopo Museum Kartini Rembang, Sabtu (21/12/2019).

Peringatan yang mengangkat tema , Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul ini, membuktikan bahwa ketika diberikan kesempatan, penyandang disabilitas bisa menyuguhkan karya yang tak kalah hebat.

Panitia Disabilitas Multi Karya Rembang (DMKR) Hj. Fatimah Asri menyampaikan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional sebagai momentum mengingat kembali hak-hak kaum disabilitas sesuai amanat undang-undang.

“Untuk di Rembang baru kali pertama di gelar, sehingga keinginan kami agar pemerintah lebih memperhatikan kami kedepannya,” paparnya.

Beberapa di antara para penampil ada pembaca kalam illahi dari Disabilitas Multi Karya Rembang (DMKR) yang mendapatkan apresiasi langsung dari Bupati Rembang H. Abdul Hafidz. “Sebagai pengahargaan mas Ahmad Ma’ruf Amal dapat hadiah Rp 2 jt,” ujar Bupati.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz menegaskan, dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional, semoga acara ini menjadi simbol kebersamaan, simbol kekuatan dan simbol untuk kemajuan di Kabupaten Rembang, yang nantinya ada aksi serius bagaimana di dalam pengelolaan pemerintahan di Kabupaten Rembang bisa melibatkan berbagai pihak, baik dari yang sempurna dan disabilitas.

 “Tetapi pada prinsipnya adalah kita semua sama yang sempurna punya kekurangan dan yang disabilitas punya kelebihan. Saya minta Dinas Sosial dan Dinpermades terkait dana desa, juga bisa mengakomodir khususnya untuk kaum disabilitas nantinya,” pintanya.

Sementara itu, Bapak asuh kaum disabilitas Kabupaten Rembang Hj. Moh. Arwani Thomafi,  mengungkapkan, dirinya merasa sangat bersyukur telah bersama-sama melihat nikmat yang tiada tara, bisa bersama dengan keluarga besar kaum disabilitas dalam acara hari ini yang digelar sejumlah kegiatan untuk meningkatkan harkat penyandang disabilitas, dan diberikan kesempatan untuk bisa menunjukan potensi yang mereka miliki.

“Saya sendiri merasa sangat terharu dengan apa yang telah kita lihat dan saksikan bersama, dan memberikan pelajaran berharga bagi kita semua,” tegasnya.

Dalam acara tersebut juga disalurkan bantuan, untuk memfasilitasi penyandang disabilitas berupa sepeda motor modif yang dirancang untuk penyandang disabilitas.  (Minan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here