Bupati Aceh Utara Lantik Pengurus Karang Taruna Aceh Utara Masa Bhakti 2019-2024

0
56

Lhoksukon – Pelantikan Pengurus Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Masa Bhakti 2019-2024, resmi dilantik Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib di Aula Setdakab Aceh Utara, Kamis (02/01/2020).

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib mengatakan, dengan dilantik dan dikukuhkannya saudara Sarjani, ST, sebagai Ketua Umum Karang Taruna dan saudara Fauzi Yusuf sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Masa Bhakti 2019-2024, beserta seluruh pengurusnya, kedepan harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam menjalankan amanah sebagai Ketua Karang Taruna.

Selain itu, Karang Taruna selaku Pageu Gampong organisasi yang diisi para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa inovasi di Gampong. Apalagi saat ini merupakan era revolusi industri 4.0, kemudahan untuk berkreativitas dan akses informasi terbuka lebar, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di tingkat Gampong,Imbuhnya.

Kedepan Pemuda Karang Taruna selaku Pageu Gampong harus siap menjadi garda terdepan dan terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan baik di Kabupaten, Kecamatan dan Gampong, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan, sebab pemuda akan menjadi estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, harapnya

Muhammad Thaib, juga meminta kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Gampong di Aceh Utara untuk dapat membentuk dan memberdayakan Karang Taruna di Kecamatan dan Gampong masing-masing, karena Karang Taruna sebagai Pageu Gampong memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat besar dan energik untuk membantu pemerintah Gampong dalam melaksanakan pembangunan,” ujar Muhammad Thaib.

Karang Taruna sebagai Pageu Gampong juga dapat dilibatkan dalam banyak hal, mulai dari kegiatan sosial, menjaga ketentraman atau keamanan di gampong, mendukung pemerintahan dalam segala kegiatan di gampong, menegakkan hukum adat gampong bersama imum meunasah, menyelesaikan sengketa antara pemuda di gampong dalam kehidupan bermasyarakat, olahraga, ekonomi dan lainnya.

Muhammad Thaib juga berharap agar Pemerintah Gampong dapat mengalokasikan anggaran untuk memberdayakan Karang Taruna sebagaimana amanat Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa dan Permensos Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna serta Permensos Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Gampong dan Dusun justru akan terbantu dengan keberadaan Karang Taruna,” kata Muhammad Thaib.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini, S.Pd, M.Pd, selaku Panitia Pelaksana mengatakan semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota karang taruna, baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Karang Taruna sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial RI No.77/HUK/2010 adalah organisasi sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, dari, oleh dan untuk masyarakat, tertutama generasi muda yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial, tandasnya.” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Aceh Utara arjani, ST, mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan oleh semua pihak sehingga kegiatan Pelantikan Pengurus Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara dapat terlaksana sesuai rencana.

Karang Taruna Aceh Utara akan lebih mengedepankan pembinaan dan pengembangan Desa, karena ini bagian dari visi Pemerintah Kabupaten Aceh Utara di bawah komando Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib dan Fauzi Yusuf untuk Terwujudnya Keberlanjutan Pembangunan Masyarakat Aceh Utara yang Berbudaya, Sejahtera, Mandiri dan Islami (BERSEMI).

Untuk bisa menyinergikan program pemkab Aceh Utara dan Karang Taruna, Sarjani mengajak semua pengurus Karang Taruna dari Kabupaten hingga tingkat desa untuk sama-sama bahu-membahu mewujudkan program yang sudah dicanangkan.

Acara Pelantikan tersebut dihadiri oleh seluruh Pengurus Karang Taruna Aceh Utara, Karang Taruna Aceh, Forkopimda Aceh Utara, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian dan Camat Se Aceh Utara, Rektor,Anggota DPRA, Ketua dan Anggota DPRK Aceh Utara, Pimpinan Proyek Vital, Pimpinan Bank, Pilar-Pilar Sosial Aceh Utara, Forum Geuchik Aceh Utara, BEM Universitas, Organisasi Sosial, OKP dan Ormas Se Aceh Utara. (Zulkifli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here