Tak Berijin Polisi, Kirab Wilujengan Keraton Sejagad di Purworejo tetap Berlangsung Meriah

1
3266
Foto : Kirab Wilujengan Keraton Sejagad yg dilaksanakan di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jateng, pada Jumat (10/01/2020), kemarin. (Foto = dari berbagai sumber). (Hery Priyantono).

PURWOREJO,BM  –  Kirab Wilujengan Keraton Sejagad yang digelar oleh Sebuah Komunitas di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, ternyata tidak memiliki ijin dari kepolisian Polres Purworejo.

Kapolsek Bayan, Iptu Sarbini saat dihubungi Wartawan Berita Merdeka (BM) enggan berkomentar langsung. “Silahkan hubungi Kasat Intel saya saja, ya. Karena saya akan mengikuti pengajian,” ucap Sarbini melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (11/01/2020) malam tadi.

Diperoleh keterangan dari Kasat Intel Polres Purworejo, Iptu Ngatimin, bahwa memang pihak kepolisian tidak mengeluarkan ijin atas kegiatan Kirab Wilujengan di Desa Pogung Jurutengah.

 “Kami sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Kesbangpol Pemkab Purworejo. Dan kami sedang proses membahas ini. Beberapa narasumber akan kami mintai keterangan soal kegiatan Kirab Keraton Agung di Desa Pogung Jurutengah tersebut,”  beber AKP Ngatimin, Sabtu (11/01/2020) malam.

Acara wilujengan ala keraton itu sendiri digelar cukup mewah dan seperti benar-benar sudah terencana dengan baik. Konon informasinya, baru kali ini dilakukan di Desa Pogung Jurutengah.

Salah seorang warga Desa di Kecamatan Bayan, Sudjono, menjelaskan bahwa seingat dia acara seperti itu baru dilakukan kali ini.  “Tahun kemarin tampaknya tidak ada acara kirab wilujengan seperti yang digelar pada Hari Jumat (10/01/2020, Red), kemarin. Baru kali ini,” jelas Sudjono. (Hery Priyantono)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here