Ribuan Orang di Kota Blitar Terkena TBC Selama 2019

0
33
Foto : Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. (Rudi)

BLITAR,BM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar mencatat selama tahun 2019 yang lalu, terdapat 1.978 orang terjangkit penyakit TBC (Tuberculosis) di Kabupaten Blitar.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar Didik Djumianto menjelaskan, 1.978 orang yang terjangkit TBC itu ditemukan dari data yang masuk di setiap unit pelayanan kesehatan di kota Blitar.

“Melihat target pendeteksian dini terhadap TBC di tahun 2019 kemarin 2.500, tetapi sejak Januari hingga akhir Desember 2019, yang ditemukan ada 1.978 orang terduga terkena TBC,” tuturnya saat dihubungi di kantornya, Rabu (15/01/2020).

Jumlah orang dengan TBC itu, Didik menyebut tercatat dari setiap Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Blitar dibawah naungan Dinkes Pemkot Blitar.

Penemuan kasus TBC ini juga teridentifikasi setelah dilakukan pemeriksaan mikroskopis, dan ditemukan bakteri yang mengakibatkan penyakit TBC.

Diterangkannya, dari penemuan jumlah kasus TBC sebanyak 1.978 ini tercatat 9 orang meninggal. Usia orang mengidap TBC yang meninggal rata-rata masuk kategori usia produktif, yakni kisaran di usia 30-40 tahun.

“Melihat realita seperti ini, tentunya kami akan terus meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan tentang wabah dan bahayanya penyakit TBC kepada masyarakat. Di kami selain menggerakkan tenaga-tenaga yang ada di pusat layanan kesehatan untuk itu, juga ada pelibatan kelompok masyarakat tertentu untuk berpartisipasi ikut mensosialisasikan dan memberikan penyuluhan TBC sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyakit TBC,” paparnya. (Rudi).

Penulis : Rudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here