Makodim 0604 Karawang membuka Penataran Dasar Kedisiplinan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan pada Siswa-Siswi SLTP/SLTA/SMK Se Kab Karawang tahun 2020

0
73

KARAWANG, BM ONLINE – Dandim 0604 Karawang LETKOL INF MEDI HARIO WIBOWO M. M.Sc., menjadi Inspektur Upacara Pembukaan Penataran Dasar Kedisiplinan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan pada Siswa-Siswi SLTP/SLTA/SMK Se Kab Karawang tahun 2020, bertempat dilapangan apel Makodim 0604 Karawang, Senin (20/1/2020)

Para Pejabat Yang hadir, Bupati Karawang diwakili oleh Sekda Kab Karawang Drs. H. ACEP JAMHURI MSi., Dandim 0604 Karawang LETKOL INF. MEDI HARIO WIBOWO M.M.Sc., Kapolres Karawang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Karawang AKP MARSONO, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Hj ROHAYATIE SH.MH, Ketua FKUB Kab Karawang Dr.KH TAJUDIN NOOR MAg, Kadisdikpora Kab Karawang Drs. H.ASEP, Kasatpol PP Kab Karawang Drs. H.ASEP WAHYU MM, Kadis Kesehatan Kab Karawang dr. NURDIN, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kab Karawang Drs. H. SOPANDI MPd, Ketua MKKS SMK Kab Karawang diwakili oleh Sekertaris MKKS SMK Bapak LILI SUHENDA SPd.MPd, Ketua MKKS SMA Kab Karawang Baoak Drs. DWI MPd., Ketua MKKS SMP Kab Karawang Bapak Drs. ATMA, Kepela BNNK Kab Karawang diwakili oleh Kasi P2M WULANSARI, Para Danramil se Kab Karawang., Para Kepala Sekolah/ Wakil dari Masing masing Sekolah yang mengirimkan Siswa-Siswi, dan Peserta Penataran Dasar Kediplinan sebanyak 90 Siswa-siswi se Kab Karawang.

Dandim 0604 Karawang LETKOL INF MEDI HARIO WIBOWO M. M.Sc., dalam sambutannya berharap kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Perlu ketahui bersama, bahwa kebijakan pimpinan TNI AD bidang teritorial adalah melaksanakan penataran kader Bela Negara yang bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, memiliki rasa cinta tanah air dan mempererat Kebhinekatunggalikaan.

” Juga melaksanakan kegiatan Wawasan Kebangsaan kepada komponen masyarakat di lingkungan pendidikan, pemukiman dan pekerjaan guna membentuk masyarakat agar memiliki semangat cinta tanah air dan Bela Negara,” ujarnya menjelaskan.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi kegiatan Penataran Dasar Kedisiplinan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan Siswa-Siswi SLTP/SLTA/SMK Se Kab Karawang tahun 2020, yang dilaksanakan sekarang ini, sehingga akan tertanam nilai-nilai Pancasila, mempunyai Wawasan Kebangsaan yang baik dan Kesadaran Bela Negara sejak dini dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

“Pendidikan karakter memiliki hubungan yang sangat erat dengan pendidikan moral, yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik berupa pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya,” tuturnya.

Pada kegiatan ini, peserta didik akan menerima beberapa materi yang akan menuntun kepada lima karakter dasar yang mesti dipunyai seorang siswa, yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Dengan mempunyai karakter-karakter tersebut, diharapkan para peserta didik akan tumbuh menjadi generasi emas yang tangguh, cerdas dan berkarakter.

“Diharapkan pada akhirnya nanti, setiap para pelajar dapat terus memelihara dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan kesadaran Bela Negara dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Sehingga nantinya akan terbentuk karakter yang positif sebagai kemampuan awal bela negara secara fisik, mempunyai sikap mental yang baik, rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta setia kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara,” ucapnya. (YANS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here