Kasdim 0736/Batang Berikan Penyuluhan Pada Pegawai Kemenag, Tentang Tangkal Faham Radikalisme Dan Intoleransi

0
59
Foto : Sumber dari Pen – 0736/Batang

BATANG,BM – Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji menjadi nara sumber  penyuluhan tentang upaya menangkal faham Radikalisme kepada kepala KUA Kecamatan, PNS dan non PNS yang berjumlah 151 0rang. Kegiatan tersebut di laksanakan di Aula, Lantai 2 Kantor Kemenag Kab. Batang JL. Perintis Kemerdekaan No.14 , Kel. Watesalit, Kec/Kab. Batang  Kementrian Agama Batang. Jumat ( 24/01/2020 )·

Adapun sambutan Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji pada penyuluhan menyampaikan beberapa poin akan saya sampaikan apa itu radikalisme, radikalisme adalah suatu paham yang menginginkan adanya perubahan dengan cara refosioner dengan cara kekerasan, yang menginginkan perubahan, suatu perbuatan agresif dengan mengunakan kekerasan fisik atau meninggalkan ancaman yang menimbulkan korban secara fisiologis fisik. Ucap Kasdim.

Dan mengenai petugas lapangan kalau dijajaran kemenag adalah petugas penyuluh agama, kalau dari Kodim ada Danramil dan Babinsa, kalau Polri ada Kapolsek dan Babinkamtibmas semua mitra kerja kita bersama. Jika kita tidak bisa bersatu kita tidak akan bisa menangkal Radikalisme. Toleransi suatu sikap yang tidak menghargai anti Kebhinekaan menolak demokrasi.

Ada beberapa hal yang tidak bisa dirubah yaitu PBNU ( Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD’ 1945 ). Radikal itu merugikan NKRI karena tidak sesuai degan Pancasila paham Radikalisme akan berdampak kepada negara dan akan berdampak kepada penurunan nilai – nilai keimanan kita.

“Langkah – langkah untuk menangkal yaitu kita harus waspada dan mendapat penyuluhan agama harus secara benar agar tidak menyimpang,” tutur Mayor Inf Raji.

Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras, S.IK memberikan penyuluhan Radikalisme dan Intoleransi dalam

Perspektif Kamtibmas di Kabupaten Batang. Sepertihalnya Permasalahan intoleransi, radikalisme dan terorisme tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan TNI atau Polri namun menjadi tanggung jawab kita bersama.

Lanjutnya, Negara asing tidak akan secara frontal masuk ke Indonesia, namun melalui cara-cara dari dalam negeri sendiri, sehingga upaya yang harus kita lakukan berupaya untuk mengeliminir agar potensi perpecahan bangsa tsb tidak terjadi.

Perbedaan itu indah, menarik karena perbedaan itu merupakan suatu kekayaan yang tidak harus kita perdebatkan atau dicari-cari permasalahannya, tuturnya.

” Kita hargai dan hormati perbedaan, tidak harus mengurusi keberagaman yang tidak perlu kita perdebatkan. Dalam merebut kemerdekaan kita semua berperan dalam merebut kemerdekaan, karena mayoritas kita sebagai umat Islam tidak berarti agama yang lain tidak ikut serta. Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam berbagai bangsa dan suku-suku.

Dengan semangat kebersamaan kita kikis intoleransi, dapat mengelola keberagamaan dan perbedaan, kita tularkan nilai-nilai Rahmatan Lil Alamin dan ini merupakan tugas kita bersama.

Dengan toleransi kita dapat hidup guyub rukun, dengan nawaitu kita harapkan Kab. Batang dapat hidup rukun menjadi Kabupaten yang “Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”. Pungkas Kapolres Batang.

Pada kesempatan itu pula Kemenag memberikan sambutan tokoh masyarakat yg bergabung dengan kemenag kalau belum tahu besok bisa tanya kepada para Babinsa dan Babinkamtibmas. Agama Indonesia ini sejarahnya tidak  bisa lahir tumbuh untuk menjadikan dasar Islam, katanya.

Yang perlu kita waspadai, intoleransi itu tidak semata – mata tentang radikal. Tidak hanya Isis namun pengeboman dan yang lainya. Yang menjadi permasalahan dan perlu kita waspadai adalah latar belakang yang ujung- ujungnya lari ke permasalahan  ekonomi.

Ajaran kebencian juga memberikan dampak radiakalisasi di indonesia. Negara Indonesia adalah bukan negara Darul Islam  akan tetapi Indonesia adalah negara Darus salam ( negara yang penuh kedamaian ). Dan kami mengharapkan ada pertemuan dan  perkumpulan antara TNI, Polri dan Kemenag, agar bisa menghadapi masalah faham radikalisme. Ungkap H.Taufik Rahman. ( Pen – 0736/Budi ).

Penulis : Pen – 0736

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here