Menjelang Pengukuhan Pucuk Adat dan Pucuk Suku Kenegerian Tambang

0
124

Tambang, BMonline – Prosesi Pemotongan Kerbau dan Pendirian Bendera Suku menjelang pengukuhan Pucuk Adat dan Pucuk Suku Kenegerian Tambang – Terantang, Kecamatan Tambang – Kabupaten Kampar yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 25 Januari 2020 dilokasi acara Danau Bakuok Desa Aursati Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jum’at.(24/2)

Disampaikan oleh Mulyas sebagai Datuok Godang persukuan Domo pada acara gladi resik tersebut, untuk pemantapan acara yang akan berlangsung pada hari Sabtu (25/01/2020) pada gladi resik ini juga dilakukan pemotongan kerbau sebelum bendera masing-masing suku berdiri, darah dari kerbau ini akan diambil dan dimasukkan kedalam lubang tempat mendirikan bendera.

Ditambahkan oleh Amiruddin Datuok bijo dari persukuan Melayu, kuah nan Samo di iwwik dagiong nan di Coca, duduok saampayan togak nan sapumatang artinya tujuan yang sama untuk dilaksanakan bersama sama, semoga acara ini nantinya berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho Allah, Datuok Amiruddin juga nantinya akan dikukuhkan sebagai pemangku adat dalam acara tersebut.

Saat gladi resik ini dihadiri juga oleh Ninik mamak serta dari suku yang berada di kenegerian Tambang, di agendakan pada acara puncaknya dihadiri oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH. Beserta Forkompinda kabupaten Kampar dan masyarakat adat.

Selain itu, bersempena HUT Kabupaten Kampar ke – 70 akan dimeriahkan dengan Bola Voli Riau – Sumbar 21-23 Januari, Pacu sampan se-Kabupaten Kampar 23-24 Januari, Festival Calempong se-Kabupaten Kampar 24 Januari di lokasi acara Danau Bakuok Desa Aursati Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Acara pengukuhan pucuk adat dan pucuk suku kenegerian Tambang sebagai bentuk pelestarian adat kebudayaan dikabupaten Kampar dan sebagai sarana silaturahmi antara anak kemenakan dipersukuan.

Kampar yang terkenal dengan kekayaan adat istiadat beragam suku, dapat dilihat dalam prosesi adat ini,dimana anak dan kemenakan setiap suku bersama-sama menegakkan panji-panji tiap suku sebelum pelaksanaan acara ini di Danau bokuok kecamatan Tambang Jumat pagi.(Rzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here