Menambah Ilmu Ketrampilan Anggota, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim Cilacap Kunker ke Rumah Gerabah Bantul Yogyakarta

0
233

YOGYAKARTA,BM – Dalam rangka menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan ketrampilan kerajinan anggotanya, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim 0703/Cilacap Ny. Ina Wahyo Yuniartoto beserta para Pengurusnya, mengadakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Rumah Gerabah di Desa Kajen, Bantul Yogyakarta, Sabtu (25/1/20).

Kedatangannya disambut pemilik rumah gerabah, Taufik dan pegawainya. Selain menerima pengetahuan tentang proses membuat gerabah, pada kesempatan itu juga dipraktekan secara langsung cara membuat gerabah. Ilmu ini tidak di sia-siakan oleh anggota Persit Kodim Cilacap, bahkan Ketua Persit beserta pengurusnya berkesempatan untuk mempraktekan cara membuat gerabah.

Dijelaskan Taufik, kerajinan gerabahnya sudah dimulai sejak lama dan hal ini merupakan warisan leluhurnya. Hampir sebagian warga Kajen, Kasongan dikenal banyak orang sebagai pengrajin gerabah. Rumah gerabahnya selain didatangi para pembeli, juga sering didatangi dari pihak lain baik dari Instansi Pemerintahan, Militer, Persit, Kepolisian dan Mahasiswa hanya sekedar untuk tahu tentang proses membuat gerabah. .

” Mereka datang untuk menimba ilmu tentang cara membuat gerabah mulai dari bahan bakunya, cara mencampur adonan tanahnya, proses membuatnya, menjemur, membakar hingga finishing. Kita terbuka untuk hal ini, bahkan kita sering diminta untuk mempresentasikan hal ini kepada para Mahasiswa,” terang Taufik.

Dia mengaku, dari kerajinan gerabah ini penghasilannya sangat besar. Pemasarannya pun tidak hanya di Pulau Jawa saja, namun hingga ke pulau lain yang ada di wilayah Indonesia. Kita belum berani ke luar negeri karena biayanya cukup mahal,” ungkapnya.

Terkait kunjungan ini, Ketua Persit Cabang Cilacap berharap kepada para pengurusnya agar ilmu yang didapat ini bisa menambah ketrampilan dan selanjutnya dapat dipraktekan ataupun ditularkan kepada anggota Persit lainnya dengan harapan nantinya bisa menambah penghasilan bagi keluarganya. ” Saya kira, kerajinan ini bisa dilakukan oleh anggota Persit dan tidak menutup kemungkinan bisa dikembangkan di Cilacap, ” harap Ny. Ina.

Dalam kunjungannya ke wilayah Yogyakarta ini, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim 0703/Cilacap beserta para pengurusnya juga mengunjungi tempat lainnys seperti wisata Tebing Breksi dan Candi Prambanan. (Pendim Cilacap).

Penulis : Pendim Cilacap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here