Aktivis Labuhanbatu Sarankan Bupati Belajar Ke Kabupaten Labura

0
236
Foto : Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT. (Komarudin Ritonga)

LABUHANBATU,BMOnline – Kabupaten Labuhanbatu merupakan kabupaten yang telah lahir sejak merdekanya Indonesia tepatnya sudah berusia 74 Tahun. Tentu banyak hal yang telah diukir dalam pembangunan untuk kemajuan daerah ini, Pembangunan tersebut dapat dilihat dalam sektor Pertanian, Pendidikan, Peningkatan Ekonomi dan lainnya.

Namun dibalik itu semua ada hal hal yang harus ditingkatkan dan diperbaiki diantaranya ialah dalam Konteks Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini perlu ditingkatkan karena saat ini dalam memasuki Era Revolusi 4.0, ditambah lagi dengan bonus Demografi yang segera mungkin akan dihadapi oleh bangsa ini.

Menurut Kabid Pao Hmi Cabang Labuhanbatu Raya, dirinya sangat kecewa karena tidak seriusnya Bupati Labuhanbatu, dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).  

“Peran kepala daerah sangatlah penting, karena setiap kebijakannya akan menentukan kemana arah pembangunan dan apa yang akan dibangun dikabupaten tersebut,” ucapnya pada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Lanjutnya, Kabupaten Labuhanbatu Utara ini, Sejak 12 Tahun yang lalu yang saat ini di nahkodai oleh H. Khairuddin Syah Sitorus SE atau yang kerap disapa H. Buyung. Dia telah menjalin MOU dengan Universitas Negeri yang ada di Sumatera Utara diantaranya UIN Sumatera utara, Unimed Dan USU. Kemudian memberikan beasiswa bagi siswa/i yang berprestasi dan kurang mampu.

Bahkan, kata Kabid Pao, dia ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri dengan jumlah yang Fantastis luar biasa yaitu sebesar Rp 20 Juta pertahunnya, hal ini sangat disyukuri oleh mereka yang mendapatkannya. Karena impiannya untuk menggapai cita cita yang awalnya dibatasi oleh finansial ini telah terbantu dengan kebijakan tersebut.

“Untuk itu saya merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, dengan membuat Program Beasiswa Tingkat Sarjana Maupun Magister hingga mereka selesai studi, serta menjalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Kemudian memfasilitasi Siswa/i Terbaik Labuhanbatu Agar Dapat Berkuliah Dikampus Tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam meningkatkan besaran jumlah beasiswa pemkab labuhanbatu sesuai dengan kebutuhan akademik mahasiswa, yaitu dengan membuat pelatihan atau kursus pemuda yang belum berproduktif.

“Sehingga harus bisa memaksimalkan dan mempersiapkan guru yang berkualitas untuk mengajar di sekolah sekolah se-Labuhanbatu. Serta menguatkan pendidikan agama sebagai modal membentukan siswa/i yang berkarakter,” Pungkasnya. (Komarudin Ritonga)

Penulis : Komarudin Ritonga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here