Kongres V PAN Ricuh, Peserta Kongres Terluka Akibat Lemparan Kursi

0
474
Foto : Tampak didalam ruangan Hotel, peserta kongres saling lempar kursi, bahkan diluar hotel kericuhan juga terjadi, Selasa (11/2/2020). (Ardiman).

KENDARI, BMonline – Kongres V PAN di hotel Claro, Kendari Sultra, pada Selasa (11/2/2020) Sore tadi ricuh. Kericuhan terjadi diakibatkan adanya perselisihan pendapat dan pembahasan serta sudut pandang dalam pemilihan ketua Umum PAN untuk periode 2020 -2025.

Menurut Ketua Panitia Eddy Soeparno pengarah kongres PAN V mengatakan, kericuhan yang terjadi  saat ini, merupakan tanggung jawab panitia.

Lanjut Edi, dalam posisi pembahasan apalagi dengan adanya perbedaan pandangan, tentu ada dinamika tinggi, sehingga disusul dengan gesekan fisik seperti ini.

“Secara keseluruhan ini masih dalam konteks yang relatif normal dan demokrasi. Tetapi tidak terjadi pada partai kami saja, namun di organisasi lain juga sudah ada. Bahkan dalam organisasi massa, kepemudaan, sering terjadi permasalahan, jadi tidak hanya partai PAN saja yang terjadi keributan seperti ini,” ucap Eddy pada wartawan di arena Kongres V PAN.

Ditambahkan Eddy, untuk itu pihaknya harus menyikapi secara dewasa terkait persoalan yang terjadi. Persoalan yang terjadi ini tidak akan membuat PAN terpecah belah dengan kejadian seperti ini.

“Partai PAN ini sudah dewasa bahkan sudah lama berdemokrasi. Sedangkan hasil keputusan hari ini, tidak akan menjadikan Partai PAN terpecah, bahkan semakin kuat karena adanya perbedaan ini,” kata Sekretaris jenderal (sekjen) PAN ini.

Sementara itu Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Drajad Wibowo Mengungkapkan, kericuhan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi, hal ini membuat malu nama baik Partai PAN. “Semuanya kan bisa di bicarakan dengan kepala dingin, tidak menggunakan otot dan emosi saja, yang baik-baiklah, kita semua ini satu rumpun dalam partai PAN,” tutur Drajad.

“Kejadian seperti ini jadikan pelajaran buat PAN agar kedepannya bisa mengatur kongres lebih baik lagi, supaya tidak terjadi lagi kejadian ini kedepannya,” Imbuh Calon Ketua Umum PAN ini.

Diketahui sebelumnya, suasana makin memamanas dan menyebabkan kericuhan kembali pecah di arena Kongres V PAN di Hotel Claro. Kericuhan ini kembali terjadi, saat dilakukan skorsing dan dicabut untuk melanjutkan rapat pleno pembahasan tata tertib di ruang sidang lantai dua hotel. 

Dari pantauan beritamerdekaonline.com, para peserta kongres dan kader PAN dikabarkan mengalami luka di kepala akibat terkena lemparan kursi. Namun pemilihan ketua umum partai PAN sudah selesai. Hingga sore tadi penghitungan suara masih dilakukan. (Ardiman).

Penulis : Ardiman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here