Bupati Seluma Lantik Tiga Kepala Desa Terpilih, Ini Pesan Bupati Untuk Kepala Desa

0
389
Foto : Bupati seluma H.Bundra Jaya, SH., saat sedang melantik Kepala Desa terpilih di Desa Padang pelawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu, Senin (17/2/2020). (Suripno).

SELUMA, BMonline – Bupati seluma H.Bundra Jaya, SH., melantik tiga kepala desa yang terpilih pada pemilihan serentak yang di laksanakan tanggal 7 November 2019 kemarin di seluruh Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Senin (17/2/2020).

Pelantikan yang digelar di Desa Padang pelawi, Kecamatan  Sukaraja, Kabupaten Seluma ini dihadiri Ketua DPRD kabupaten Seluma, seluruh kepala Dinas , kejaksaan, Kapolres, Dandim, Camat, Kepala Desa yang ada di kabupaten Seluma dan masyarakat di Padang pelawi.

Dalam sambutannya bupati seluma H.Bundra Jaya, SH., mengatakan, dirinya mengucapkan selamat kepada kepala desa terpilih dan yang dilantik pada hari ini, semoga setelah dilantik menjadi kepala desa  yang terpilih, dapat menjadi Kepala Desa yang amanah profesional dan bertanggung jawab.

“Karna tanggung jawab menjadi Kepala Desa semakin bertambah, bukan hanya pada keluarga saja tapi juga masyarakat di Desa sudah menjadi tanggung jawab penuh sebagai Kepala Desa,” papar Bupati.

“Dari segi keamanan, kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan, tak luput dari tanggung jawab dari Kepala Desa, untukn itu saya berharap Kepala Desa selalu koordinasi jajaran pemerintah,” Imbuhnya.

Lanjut Bupati, Kepala Desa harus bisa menggunakan anggaran ADD/DD dengan sebaik mungkin. Agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Himbauannya, dirinya meminta kepada seluruh Kepala Desa, dalam perencanaan pembangunan melalui Dana Desa dan anggaran ADD, harus melibatkan masyarakat secara langsung. Karna anggaran ADD/DD bukan milik Kepala Desa dan perangkatnya.

“Dana desa murni milik masyarakat yang di kelola oleh kepala desa dan perangkatnya beserta masyarakat itu sendiri. Jadi jangan sampai punya pikiran menggunakan dana desa itu untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Seluma H.Bundra Jaya menjelaskan, Dana desa sangat rentan untuk di salah gunakan. jadi semua harus ikut andil dalam pengawasan baik dari Media, Lembaga dan Masyarakat.

“Tolong laporkan kalau ada penyelewengan anggaran dan kebijakan yang tidak berpihak pada masyarakat, laporkan langsung pada saya atau kepolisian,” ucapnya.

Sudah banyak kepala desa dan perangkatnya tersandung hukum dan akhirnya di penjara. Sekali lagi, dirinya meminta untuk selalu  melibatkan masyarakat, dengan mengajak musyawarah mau buat apa dan apa yang di prioritaskan di desa itu sendiri. Mudah-mudahan Dana Desa dapat bermanfaat dan sesuai apa yang di harapkan pemerintah. (Suripno)

Penulis  : Suripno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here