Menyambut Ujian Nasional, Dinas Pendidikan Makassar Menyelenggarakan simulasi dan Geladi Bersih Berbasis Komputer

0
139

Makassar, BMonline – Menyambut UN (ujian nasional) Dinas Pendidikan Kota Makassar menyelenggarakan simulasi dan geladi bersih dalam penerapan sistem ujian UNBK (ujian nasional berbasis komputer) yang akan dilaksanakan pada 2 sampai dengan 3 maret 2020.

Sebanyak 226 sekolah SMP/MTS negeri dan swasta, 86 persen telah siap menggelar geladi besih dan bersifat wajib diikuti oleh seluruh peserta sebagai indikator acuan kesiapan kesatuan pendidikan menghadapi UNBK yang akan dilaksanakan pada 20-23 April 2020, Pada penerapan sebelumnya digelar sinkronisasi simulasi dan geladi bersih pada 29 februari 2020.

Berdasarkan POS (prosedur Operasional) SMP/MTS tentang simulasi dan geladi bersih UNBK yang dikeluarkan Kemedikbud No.53 thn 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Dr. Abd Rahman Bando M.Si mengatakan bahwa pihak dinas penddidikan telah merilis surat edaran untuk dipedomani dalam geladi bersih SMP/MTS dan mewajibkan kepada seluruh Pelajar dan tenaga pengajar untuk ikut didalamnya.

“Saya akan meminta kepada seluruh pejabat dinas agar memantau langsung 22.969 peserta dari 226 sekolah se-kota Makassar.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya yang pada pegelaran simulasi dan geladi bersih tersebut akan dihadiri pula oleh Pejabat Dinas, Kepala Dinas, Kepala Bidang dan Kepala Seksi.

Dalam pelaksanaannya UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Sementara Dr. Syarifuddin M.Pd Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Makassar memaparkan bahwan untuk penerapan hasil ujian bisa diketahui dengan cepat tidak seperti ujian nasional secara manual yang membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil ujian, dan mengeleminasi tingkat kecurangan dalam pelaksanaan ujian.” ucap DR. Syarifuddin M.Pd saat di temui diruangannya di Kantor Dinas Pendidikan Jl. Letjen Hertasning, Kassi-Kassi, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Jum’at 28 Februari 2020.

Olehnya itu, Kata dia. Sampai saat ini UNBK berjalan dengan aman dan lancar sedari 4 tahun, diharapkan tidak ada tekanan psikologis, kecuali semangat agar UNBK berlangsung tanpa ada kendala server down, rusak, kena virus dan lain sebagainya. Kecuali rasa was-was agar jangan sampai PLN menghentikan aliran listriknya atau suatu waktu aliran PLN stop yang akan menganggu jalannya ujian. Belum lagi rasa was-was agar jaringan internet juga tidak bermasalah, sehingga saat pengiriman hasil jawaban tidak terkendala.

Semua pihak diharapkan saling bersinergi agar sama-sama bekerja sehingga UNBK kali ini benar-benar sukses diselenggarakan demi kemajuan pendidikan di tanah air ini.” Terang DR.Syarifuddin

UNBK ini diharapkan mampu menjadi jawaban atas pertanyaan “ Metode ujian seperti apa yang cocok digunakan sebagai indikator dalam menamatkan anak-anak generasi bangsa Indonesia ke depannya yang bebas dari intervensi dan kecurangan.

Dan menjadi jawaban atas penting tidaknya sebuah evaluasi atau ujian dalam sebuah jenjang pendidikan, terutama untuk tingkat SMP/MTs, SMA/MA hingga SMK bahkan sampai ke perguruan tinggi.

Apapun ceritanya, sebuah ujian, test atau evaluasi itu sangat penting dalam meningkatkan dan mengetahui sampai dimana kualitas Sumber Daya Manusia yang akan dihasilkan, terlepas bagaimana dan apapun isi test atau ujiannya dan harapan besar ada pada hasil dari UNBK.

Penulis: Ibrahim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here