banner 1028x90

POKDARWIS Dusun Kuncen, Jadikan Desa Seloboro Menjadi Desa Wisata

Foto : Lokasi tempat wisata yang sedang di bangun oleh POKDARWIS, Dusun Kuncen, Desa Seloboro, Kabupaten Magelang, tampak keindahan pesona alam dari atas bukit,Rabu (26/2/2020). (Candra).

MAGELANG, BMonline – Pesona panorama pegunungan di wilayah Magelang, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020), Dengan ketinggian kurang lebih 1000m dari permukaan laut sungguh sangat eksotis pemandangan yang bisa di nikmati pengunjung wisata, masih menjadi daya tarik wisata untuk bisa di kembangkan dan di kelola masyarakat untuk menjadi Desa wisata.

Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dusun Kuncen, Desa Seloboro, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, dengan swadaya dan di bantu Dana Aspirasi membangun lereng Gunung Sari menjadi tempat yang layak di perhitungkan untuk jadi tempat wisata daerah.

“Penataan lahan menuju puncak dan tempat tempat duduk maupun tempat selfi, sudah di kerjakan oleh anggota POKDARWIS  secara bergiliran dilereng Gunung Sari, dan kini sudah mencapai mencapai 75%,” ujar Musleh.

Lanjut Muslih, dirinya sebagai Kadus Dusun Kuncen berharap penataan lahan lereng Gunung Sari ini akan terus berlanjut meski saat ini masih kekurangan dalam pendanaan. Namun, semangat warga untuk bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Seloboro khususnya dusun Kuncen memang sangat tinggi.

“Selain itu  juga, Ekosistem kera ekor panjang di sini juga masih terjaga dengan baik, setiap ada pengunjung datang, mereka akan turun ke tanah sembari menanti pengunjung memberikan makanan pisang mau pun makanan lainya,” Jelas Musleh.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Magelang, Gunawan kepada beritamerdekaonline.com, mengatakan, bahwa untuk meneruskan dana aspirasi, masyarakat juga harus sering memantau lokasi penataan Bambu Sari. Hal ini sangat mendukung masyrakat, terutama dusun Kuncen dalam meningkatkan perekonomian rakyat seputaran Gunung Sari.

“Alhamdullilah, berkat Dana Aspirasi yang kami berikan, penataan lereng Gunung Sari ini, berkat swadaya masyarakat POKDARWIS BAMBU SARI, khususnya Dusun Kuncen yang ada di sebelah selatan kaki Gunung Sari, Semoga kedepan tempat wisata Bambu Sari ini, bisa menjadi salah satu Distinasi Wisata Penyangga Badan Otorita Borobudur,” Ucap Gunawan.

 Terpisah, Kepala Desa Seloboro Sukistiyanto menjelaskan, bahwa POKDARWIS  Dusun Kuncen sedang membangun lokasi yang dijadikan Desa Wisata nantinya, bahkan rencananya akan dibangun joglo-joglo, Balkondes dan Pasar Ray.

“Sementara ini kami sedang membangun tempat parkir dan talud terasering di kaki Gunung Sari sebelah Barat yang sumber Dana nya dari APBDES dan dari Pemda. Kami berharap semua elemen masyarakat Desa Seloboro bisa sinergi bersama sama, sehingga bisa meningkatkan daya ekonomi masyarakat sekitar. Kami juga lagi sedang mengerjakan membuat sumur bor di bawah,” Ungkap Sukis. (Candra).

Penulis : Candra

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics