banner 1028x90

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Lagi

Foto : Gunung merapi yang sedang menyemburkan asap hitam tebal setinggi 6.000 meter pagi tadi, Selasa (3/3/2020). (Candra).

MAGELANG, BMonline – Gunung Merapi di Jawa Tengah kembali erupsi, Merapi terakhir kali meletus (13/02/2020) kemarin, selang 19 hari merapi meletus kembali dengan ketinggian 6000 m, Selasa (03/03/2020).

Letusan terekam di seismograf dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450detik. Awan panas meluncur radius 2 km ke arah selatan -tenggara kali Gendol.

Saat kejadian meletus arah angin mengarah ke utara ke wilayah Kecamatan Musuk dan Cepogo Boyolali. Wilayah Desa Mriyan, Boyolali yang berjarak 3 km dari puncak Gunung Merapi hujan abu bercampur pasir.

Masyarakat sudah beraktifitas sperti biasa kembli akan tetapi tetap dilarang dengan jarak radius 3km kaki Gunung Merapi.

“Hujan abu juga sampe di Kartosuro Solo, jalanan penuh abu dan mengganggu jarak pandang kendaraan yang melewatinya,” ujar Royan, salah satu pengguna jalan.

Sementara itu, dari BPPTKG mengeluarkan pengumuman masyarakat dapat mengakses informasi melalui Pos Pengamatan G.Merapi terdekat, radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, website www.merapi.bgl.esdm.go.id, atau kekantor BPPTKG, Jl Cendana No 15 Yogyakarta.

Dari pantauan beritamerdekaonline, merapi yang meletus pagi tadi pukul 05.30 WIB, hujan abu tipis masih menerpa di wilayah Boyolali dan Magelang, Jawa Tengah, hingga berita ini diturunkan. (Candra).

Penulis : Candra

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics