Pacu Kinerja Penegak Perda, Walikota Minta Satpol PP Kerja Profesional

0
120

Bengkulu, BMonline – WaliKota Bengkulu Helmi Hasan meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu agar lebih profesional dan bertanggung jawab dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Karena Satpol PP merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah garda terdepan dalam menegakan Perda untuk menghadirkan kebahagiaan ditengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Walikota Bengkulu saat acara silatuhrahmi dengan Satpol PP di Masjid Agung At-Taqwa Anggut Atas, Selasa (10/3/2020).

Ia mengatakan, profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai anggota penegak peraturan daerah (Perda) ia menjelaskan tugas pokok dan fungsi serta peranan Satpol PP harus makin ditingkatkan.

“Kemajuan zaman menuntut adanya aparat yang profesional termasuk Satpol PP. Untuk itu, Satpol PP harus bisa menyesuaikan diri, meningkatkan kualitas dan profesionalitas sesuai dengan perkembangan zaman dalam menegakkan perda dengan melakukan tindakan mengundang kebaikan seperti tindakan persuasif bukan dengan paksaan tapi membuat kesadaran masyarakatnya,” ujar Helmi.

Untuk itu, lanjut Helmi Satpol PP harus mulai mengupgrade diri baik dari sisi performance maupun sarana prasarana untuk menunjang tugas menegakkan perda.

“Seperti penertiban pasar kita harus kedepankan sisi kemanusiaan untuk melakukan tindakan penertiban itu. Karena yang kita hadapi itu masyarakat kita artinya keluarga kita juga jadi perlakukan mereka secara manusiawi dengan melakukan pendekatan persuasif tanpa paksaan,” Terangnya.

Selain itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan meminta Satpol PP berkontribusi lebih dengan menciptakan terobosan-terobosan yang membahagiakan masyarakat Kota Bengkulu.

“Kita bisa mulai dari selalu mengingatkan generasi muda untuk tertib dalam membuang sampah atau aturan perda lainnya. Bisa juga petugas Satpol PP ditugaskan untuk menertibkan anak-anak sekolah di penyebrangan agar orang tua merasakan kenyamanan saat melepaskan anaknya ke sekolah,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja Satpol PP yang progresnya sudah cukup bagus, dengan menegakan perda sesuai dengan harapan menciptakan Kota Bengkulu aman dan tentram.

“Pentingnya perda ini sangat berpengaruh dengan ketertiban Kota Bengkulu seperti halnya prostitusi tidak boleh ada, melakukan pengontrolan terhadap taman-taman di Kota Bengkulu untuk memastikan tempat tersebut menjadi nyaman jauh dari hal-hal negatif untuk membangun Kota Bengkulu yang indah, aman dan tentram,” papar Helmi.

Ia juga berharap untuk menanggapi hal itu, ia meminta Satpol PP melakukan pelatihan pada generasi muda mulai dari paud hingga kuliah untuk menanamkan pentingnya perda untuk pembangunan Kota Bengkulu menjadi lebih indah.(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here