Cegah Tangkal Radikalisme, Dandim 0706/Temanggung Berikan Komsos

0
180
Foto : dok pen Temanggung

TEMANGGUNG, BMonline – Bertempat di Aula Desa Gowak, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, dalam pelaksanaan Pembinaan Komsos Tangkal Radikalisme/Separatisme Kodim 0706/Temanggung Triwulan I TA 2020 dengan tema ” Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme Dalam Bingkai NKRI ” dengan di hadiri oleh, Kapten Arh Martinus Neta (Pasintel Dim 0706/Temanggung), Kepala Desa beserta perangkat serta masyarakat desa Gowak, Kamis (12/3/2020).

Komandan Kodim 0706/ Temanggung, Letkol A.Y.David Alam, mengungkapkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan warga yang sudah hadir untuk mengikuti kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan tentang menangkal radikalisme dan separatisme.

“Paham radikal bisa berasal dan pembibitannya dari mulai sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi,oleh sebab itu kita sebagai orang tua dan guru  harus lebih berperan aktif untuk memberikan arahan kepada anak anak kita,” Ucapnya.

Karena Radikal, Lanjut Dandim, merupakan suatu kelompok yang memiliki faham dan paradigma yang hanya mempunyai pemikiran yang mengganggap bahwa hanya kelompoknya benar dan menganggap yang lain salah.

Lebih lanjut Dandim mengajak, untuk tetap menjadi kan  perbedaandan keragaman di masyarakat  di pandang untuk memperindah dan memperkuat dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Jangan sampai perbedaan hanya  menjadi perdebatan di masyarakat yang tidak berujung.

“Deteksi dini dan cegah dini untuk menangkal radikalisme dan separatisme bisa dilakukan mulai dari diri kita dan lingkungan di sekitar kita, sehingga desa kita menjadi desa yang aman terhadap faham ini ,karena  dengan desa yang aman akan membawa kedamaian dan kesejahteraan buat masyarakat,” Pungkas Dandim.

Masih berkaitan dengan Radikalisme Kapten Arh Martinus Neta (Pasintel) menambahkan, Indonesia dilahirkan dari perbedaan mulai dari suku,agama,bahasa,kulit oleh karena itu dengan perbedaan kita bisa bersatu. Tetap perkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat  dan semua pihak.

Perkokoh Keimanan menurut keyakinan masing–masing di masyarakat. Dan juga peran serta Guru pendidik  sangatlah penting  untuh cegah faham Radikalisme /Separatisme.

“Kuncinya melawan radikalisme  kita harus mempunyai wawasan tentang kebangsaan, rasa cinta tanah air dan menjaga persatuan dan kesatuan.” Katanya.

Sementara menyinggung masalah proyek Tentara Manunggal membangun desa ( TMMD )  yang dalam beberapa hari kedepan akan di laksanakan di Desa Gowak yang merupakan Program kemanunggalan TNI dengan Rakyat dia berharap ,Semoga dengan program ini  kedepan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat. (Yanto/Pen Temanggung).

Penulis : Yanto/Pen Temanggung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here