Bupati Batang : Antisipasi Penyebaran COVID-19, Pemkab Batang Adakan Patroli Gabungan

0
219
Foto : Dok Pen - 0736

BATANG, BMonline – Menindak lanjuti Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Serta mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) masuk ke wilayah Kabupaten Batang. Pemerintah Kabupaten Batang siap siaga serta berkerjasama dengan TNI Polri dan instansi terkait dalam menghadapi penyebaran virus dengan mengadakan patroli gabungan ketempat keramaian. Rabu ( 18/3/20 ).

Bupati Batang Dr. H Wihaji, S.Ag.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa” pada hari ini kita dijadwal untuk melaksanakan suatu kegiatan patroli gabungan, yang sasarannya adalah mengantisipasi virus corona.

Pelaksanaan patroli ini terkait kebijakan pemerintah, yaitu dengan mendatangi apabila ada kerumunan anak sekolah yang bermain di warnet ataupun di tempat umum. Dengan maksud agar anak – anak selama di liburkan dapat belajar di rumah bukannya beraktifitas atau bermain keluar.

Lanjutnya, apabila mendapati kerumunan agar didatangi dan diberi penjelasan dengan persuasif dan dihimbau untuk pulang ke rumah masing masing. Berkaitan dengan pedagang yang tetap berjualan, memang kebijakan ini berat bagi para pedagang.

“Memang berat untuk pedagang, akan tetapi ini demi kita bersama agar virus corona ini tidak menyebar. Sebelum melaksanakan patroli Bupati Batang, Dandim dan Forkopimda melaksanakan pemeriksaan terlebih dahulu kesehatannya demi kelancaran tugas ini”. Terang Wihaji.

Lanjut Wihaji, Intinya patroli ini bentuk kontrol pemerintah daerah menyikapi kebijakan pemerintah. Tak hanya anak sekolah yang nongkrong ditempat keramaian, namun tempat hiburan juga atau tempat wisata, apabila masih buka agar ditutup. Pihaknya akan mencegah sedemikian rupa, jangan di buat panik.

“Kita sudah perintahkan cek di suatu daerah apabila ada yang terindikasi akan di antisipasi sedemikian rupa, dan bagi warga Batang yang baru pulang dari luar negeri agar tidak panik,” Pungkas Wihaji.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0736/ Batang, Letkol Kav.Henry RJ Napitupulu, S.Sos.,M.I.P,  menyampaikan, Ia berharap di dalam hati bapak ibu sekalian timbulkan jiwa pemberani namun tetap harus waspada dalam menghadapi virus corona.

“Utamakan senyum dan salam keamanan selama perjalanan dalam pelaksanan patroli gabungan ini agar Kab. Batang aman dan terhindar dari virus corona ( COVID )”, ungkap Letkol Kav Napitupulu.

Di kesempatan sama, pada tempat berbeda. Ketua MUI Kab. Batang Kiyai H. Zainu Iroqi menyikapi kejadian penyebaran COVID yang sedang terjadi menyatakan, bahwa untuk sementara ini semua kegiatan yang sifatnya mengumpulkan masyarakat banyak agar di tunda sementara waktu.

“Sehubungan dengan kegiatan di Masjid-masjid, nantinya setiap masjid di himbau agar menyediakan tempat cuci tangan, terutama masjid yang ada di pinggir jalan. Begitu juga dengan pengajian – pengajian,” kata Kiyai H. Zaenu Iroqi. ( Pen – 0736 ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here