Dandim Temanggung : Menghadapi Virus Corona Ini, Masyarakat Jangan Panik dan Jangan Takut, Tetapi Tidak Boleh Disepelkan

0
434
Foto : Komandan Kodim 0706/Temanggung, Letkol Inf AY David Alam saat memberikan keterangan kepada Redaktur Pelaksana beritamerdekaonline.com di Makodim Temanggung, Rabu (18/3/2020). (Budi).

TEMANGGUNG, BMonline – Pembukaan kegiatan TMMD sengkuyung Tahap 1 Temanggung ini, memang tidak seperti pembukaan TMMD sengkuyung biasanya. Hal ini ditiadakan sebagai bagian dari peningkatakan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19.

Komandan Kodim 0706/Temanggung, Letkol Inf AY David Alam saat ditemui beritamerdekaonline.com, mengatakan, pembukaan TMMD sengkuyung Tahap I untuk kali ini, pihaknya hanya meletakan batu yang menjadi sasaran TMMD Sengkuyung Tahap I, sebagai simbolis pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I dibuka.

“Untuk tahun ini, kegiatan pembukaan TMMD sengkuyung tahap I memang agak berbeda dari tahun kemarin, kita hanya peletakan batu sebagai tanda dibukanya TMMD sengkuyung tahap I,” kata orang nomor satu di Kodim 0706 Temanggung, Rabu (18/3/2020).

Saat ditanyakan mengenai virus Corona yang sedang merebak di Jawa Tengah oleh beritamerdekaonline.com, Dandim menyampaikan, Imbas dari virus corona ini memang sangat besar. Sehingga pemerintah mengeluarkan warning (peringatan) kepada masyarakat, selama 14 hari untuk libur dari katifitas dan perkumpulan.

Lanjut David, terutama pada anak-anak yang sangat riskan terkena virus corona, untuk itu anak-anak sekolah diliburkan dan dilarang keluar rumah.

“Boleh keluar rumah tapi di sekitar rumah dan tidak boleh jauh-jauh dari area rumah kita. Selain itu, libur bukan berarti harus bersantai ria, dirumah juga anak-anak harus tetap belajar,” ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat, jangan panik dan jangan takut, namun juga jangan dianggap hal yang biasa. Untuk itu, masyarakat agar selalu menjaga kondisi badan dan tidak lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun antiseptik serta berolahraga.

“Jadi kalau kita bersalam-salaman dan memegang sesuatu apaun, baiknya langsung mencuci tangan kita dengan menggunakan sabun, serta menjaga jarak sejauh satu meter dengan taman kita dan jangan lupa selalu menggunakan masker, agar kita dapat terhindar dari virus corona,” Himbaunya.

Dikatakan juga oleh Dandim, bahwa di Kabupaten Temanggung sudah ada dua orang yang terjangkit virus corona. Namun, sudah di tangani secara insentif di rumah sakit. “Keadaan seperti ini masyarakat harus bisa mencegah sendiri, kalau sudah terjadi baru mencegah. Kita akan pasang bener di beberapa titik, bener himbauan kepada masyarakat tentang pecegahan virus corona,” Jelasnya.

Menurut Dandim, dalam kegiatan TMMD sengkuyung tahap I ini, ia bersama anggota akan selalu memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pencegahan virus corona.

“Selain kegiatan fisik di dua sasaran pada TMMD sengkuyung tahap 1 ini, saya juga memerintahkan anggota untuk selalu Komsos kepada masyarakat tentang virus corona, kita tidak akan bosan-bosan melakukan sosialisasi pencegahan Virus Corona ini,” pungkasnya. (Budi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here