Spesialis Curanmor Tewas Diperjalanan Saat Dibawa Ke Rumah Sakit

0
113

Jakarta, BMonline – Seorang pelaku spesialis pencurian kendaraan sepeda motor yakni inisial RD (22) alias CS dengan polisi terjadi di Jalan Adhyaksa, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (21/3/2020) malam.

Tersangka melawan petugas dengan senjata api rakitannya saat akan ditangkap.

Kemudian petugas Subdit Resmob Polda Metro Jaya melakukan tindakan tegas dan terukur. Petugas berhasil menembak RD hingga tewas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan RD alias CS diketahui adalah pelaku spesialis pencurian sepeda motor.

“RD alias CS ini melawan petugas dengan senpi rakitannya, saat akan ditangkap petugas di Jalan Adhyaksa, Lebak Bulus, 21 Maret lalu,” kata Yusri di depan gedung Reskrimum Pollda Metro Jaya, Senin (23/3/2020).

Petugas kata Yusri sempat mengeluarkan tembakan peringatan.

“Tapi RD ini justru membalas dengan tembakan ke arah petugas menggunakan senpi rakitannya. Sehingga sempat terjadi tembakan-menembak dengan petugas.Akhirnya pelaku berhasil dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur dengan timah panas,” tambah Yusri.

Namun petugas sempat melarikan pelaku yang tertembak ke RS Polri.

“Tetapi dalam perjalanan, pelaku tewas,” kata Yusri.

Inisial RD berperan sebagai ‘pemetik’ kerap beraksi bersama E yang berperan sebagai joki dan mengintai lokasi.

“Saat ini E buron dan masuk dalam DPO kami,” kata Yusri.

Menurut Yusri setelah berhasil melumpuhkan RD, petugas melakukan penggeledahan di rumah RD di Lebak Bulus.

Dari tangan RD dan dari rumahnya kata Yusri, berhasil disita sejumlah barang bukti.

Barang bukti tiga unit sepeda motor matic hasil curian, kunci Letter T berikut 5 mata kunci, sebilah pisau, satu senjata api rakitan bergagang hitam beserta 5 peluru, dan satu buah Handphone.

“Saat ini, tim memburu E, yang merupakan pelaku curanmor dan bagian kelompok Lampung. Sementara RD ini adalah asal Jawa Timur, namun sering pula beraksi dengan kelompok Lampung. Intinya mereka ini adalah pelaku curanmor kawakan,” kata Yusri.

Aksi terakhir RD dan E, kata Yusri dilakukan Senin (9/3/2020) malam, dua minggu lalu.

Mereka berhasil menggasak sepeda motor korban yang diparkir di teras rumah di Jalan Mekar Baru Raya, Kelurahan Cireundeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

“Dari laporan korban atas kasus inilah, tim berhasil mengidentifikasi pelaku. Dimana satu pelaku terpaksa kita tembak karena berupaya melawan dan melukai petugas. Sementara satu pelaku lainnya buron dan dalam pengejaran kami,” kata Yusri. (ams)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here