Tiga Orang Diamankan, Satu Orang DPO Polres Kudus

0
287
Foto : Penyerahan berkas ke tiga tersangka dari Polres Magelang ke Tim Resmob Polres Kudus. (Candra).

MAGELANG, BMonline – Tiga orang yang di tangkap oleh petugas Pos Pengamanan Oprasi Ketupat Candi 2020 di Perbatasan DIY-Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, pada Selasa (12/5/2020), Pukul 09.00 WIB kemarin. Ternyata salah satu orang DPO dari Polres Kudus, Jawa Tengah.

Menurut Wakapolres Magelang Kompol Aron Sabastian di dampingi Kasat Reskrim  AKP Hadi  Handoyo dan Kasat Lantas AKP Fadli, Kamis (14/5/2020) siang tadi, mengatakan, bahwa dari hasil ungkap kasus dan guna pengembangan penyidikan, ketiga orang ini langsung di serahkan ke Polres Kudus.

“Meski hanya satu orang yang masuk DPO Polres Kudus, Polda Jawa Tengah, tapi kami serahkan semua tersangka ke Polres Kudus di Unit Resmob Polres Kudus pada malam Selasa (12/5/2020),” Kata Wakapolres.

Diketahui, lanjut Wakapolres, Ketiganya merupakan warga Kabupaten Magelang, yaitu DM, 41 tahun, asal Kecamatan Kaliangkrik, AW, 29 tahun, asal Kecamatan Tempuran dan AK, 38 tahun, asal Kecamatan Bandongan.

“DM merupakan pemain lama, mereka juga beraksi lintas Propinsi dan pernah melakukan kejahatan pencurian PS di Bogor Polda Jawa Barat, serta di Kudus Jawa Tengah. Bahkan pelaku ini pernah masuk sel selama 2 tahun di Polres Pati dengan kasus pencurian emas,” Jelas Aron.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Hadi Handoyo menambahkan, sebelum tertangkap ketiga tersangka hendak beraksi melakukan pencurian di Sukoharjo. Mereka akan beraksi mencuri toko beras di Sukoharjo. Namun karna keadaan masih ramai, situasi yang tidak memungkinkan sehingga mereka mengurungkan niat mencuri dan kembali ke Magelang.

“Dari pemeriksaan sementara, tiga pelaku tersebut akan menggasak sejumlah sasaran seperti pabrik, gudang, toko, hingga minimarket. Terkait di wilayah hukum Polres Magelang, ke tiganya belum pernah beraksi,” ucap Kasat Reskrim Polres Magelang ini.

Dijelaskan Kepala Tim Resmob Polres Kudus, Aiptu Yani Setiawan membenarkan, bahwa DM merupakan buron pihaknya selama dua tahun dalam kasus pencurian dengan pemberatan. Yakni mencuri barang di toko pakaian dan untuk 480 (penadahnya) sudah menjalani hukuman di LP Kudus.

“Untuk sementara hanya satu tempat kejadian perkara di Kudus, nanti akan kami kembangkan lagi,” Ungkap Yani.  (Candra).

Penulis : Candra

Editor    : Budi Supriyatno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here