Puluhan Rumah Warga di Agara Terancam Amblas ke Sungai

0
513

Kutacane, BMonline – Puluhan rumah warga Desa Pedesi, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara (Agara) terancam tumbang ke sungai, pasalnya luapan sungai Alas yang begitu deras mengikis tebing di sungai yang berjarak sekitar satu meter dari rumah warga.


Amatan wartawan Minggu sore 17 /05/2020 akibat hujan sepanjang Sabtu malam debit sungai Alas semakin deras. Arus sungai ini mengarah ke pemukiman warga, akibat tanggul yang jebol dibagian hulu, tepatnya di Desa Biak Muli Kecamatan Bambel,sejak sepekan lalu belum sepenuhnya ditutup oleh Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara (Agara)

Namun satu unit rumah semi permanen sudah dibongkar. Sementara 14 unit rumah lainya terpaksa dikosongkan dan terpaksa dibongkar bagian belakang untuk antisipasi korban,Sementara, warga pemilik rumah itu terpaksa mengungsi ke rumah keluarga terdekat.


Sementara Kalaksa BPBD Agara melalui sekretarisnya minggu malam 17/05/2020 Nazmi mengatakan melalui pesan WhatsApp nya, tadi sore pihak BPBD sudah menurunkan 2 unit alat berat untuk menutup tanggul yang jebol, dan malam ini kita tambah lagi 2 unit alat berat Namun yang bisa dilakukan saat ini mengalihkan aliran sungai menjauh dari permukiman masyarakat, supaya air dapat berpindah dan mengurangi resiko abrasi.


Sementara Bantuan masa panik sudah diberikan kepada korban berupa bantuan pangan sebanyak 21 paket yakni, peralatan makan lengkap 1 set, beras, indomie, sarden dan minyak bimoli, sebutnya


Nazmi berharap kepada masyarakat agar tetap tenang, pihak BPBD akan berusaha semaksimal mungkin agar malam ini air dapat berpindah, dan resiko abrasi bisa kita kurangi, harap Nazmi. (Basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here