Petugas Puskemas Muntilan 2 Lakukan Fogging, Minimalisasi Serangan DBD di Tengah Pendemi Covid -19

0
416
Foto : Petugas Fogging dari Puskesmas Muntilan 2 lakukan penyemprotan di gorong gorong dekat rumah warga dusun Kutan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Jumat (22/5/2020). (Candra).

MAGELANG, BMonline – Dalam situasi wabah Covid -19 petugas Puskesmas Muntilan 2 melakukan fogging untuk memberantas jentik jentik nyamuk dan menekan meluasnya serangan penyakit Demam Berdarah di wilayah Dusun Kutan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Jumat (22/5/2020).

Beberapa waktu yang lalu, ada 6 kasus warga Kutan ada yang terjakit Demam Berdarah. Setelah pihak Desa berkoordinasi dengan pihak Puskesmas dan Dinkes Kabupaten Magelang, dengan adanya 6 kasus warganya terjangkit Demam Berdarah, meminta untuk di lakukan fogging supaya bisa meminimalisir serangan DBD ke warganya.

Foto : Petugas Puskemas Muntilan 2 Eko Puji Priyono saat sedang melakukan fogging di rumah warga dusun Kutan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jumat (22/5/2020). (Candra).

Kepada  Beritamerdekaonline.com, petugas dari Puskesmas Muntilan 2 Eko Puji Priyono mengatakan,Kegiatan ini dalam rangka fogging untuk menekan penyebaran DBD lebih luas lagi di tengah wabah pendemi Covid -19, karena beberapa waktu yang lalu ada 6 kasus warga terjangkit  Demam Berdarah untuk wilayah Dusun Kutan, Desa Sedayu.

“Dari masyarakat telah melaporkan kalo ada warga terkena DB sudah di rawat di Rumah Sakit. Adanya laporan seperti itu, terus dari pihak Puskesmas melakukan PE (Penyelidikan Epidemiologi) di  cek di rumah yang terkena DB tersebut, banyak jentik jentik nyamuknya apa tidak, “ Kata Eko.

“Lalu kita anjurkan dari pihak masyarakat melakukan  PSN baru, setelah itu kita ajukan ke Dinkes di Kabupaten untuk di laksanakan fogging. Area penyemprotan di fokuskan di rumah warga yang terserang penyakit DBD juga sekitarnya dan gorong gorong yang tergenang air,” Ungkapnya.

Sementara itu Tafip sesepuh Dusun Kutan mewakili Kadus Kutan mengharapkan, dengan diadakannya fogging ini semoga masyarakat semakin menyadari jaga kebersihan di lingkungan warga masing masing agar tidak ada lagi korban terjangkit Demam Berdarah lagi.

“Saya bersama warga sangat berterimakasih kepada pihak Puskesmas Muntilan 2 dan Dinkes Kabupaten Magelang dengan segera melaksanakan fogging di wilayah kami,” Ucap Tafip.  (Candra).

Penulis : Candra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here