Kapolres Blitar bersama Forpimda Launching Kampung Tangguh Bencana

0
271
Foto : Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya S.I.K memukul Gong sebagai tanda launching kampung tangguh bencana. (Sunyoto.M.S)

BLITAR, BMonline – Dalam upaya menciptakan kemampuan desa/kelurahan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana, termasuk bencana Covid-19, Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, S.I.K. bersama Forkopimda Kabupaten Blitar telah melaksanakan kegiatan launching kampung tangguh bencana di lingkungan  Kampung Baru Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (27/5/2020).

Hadir dalam kegiatan ini,  Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, M.M. Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo, S.Sos, Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, S.I.K. Dandim 0808/Blitar Letkol Inf. Kris Bianto, S.E. Kadishub Kab. Blita Drs. Toha Mashuri, S.Sos., M.M. Kadinkes Kab. Blitar dr. Kuspardani, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blitar Drs.Achmad Cholik,MSi, Kasatpol PP Rustin Tri Setyobudi, S.H.

Foto : wajah lingkungan Kampung Baru Kel.Beru, tempat launching dilaksanakan. (Sunyoto.M.S)

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya S.I.K kepada wartawan mengatakan, kegiatan kampung tangguh bencana ini, bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam mengantisipasi penularan wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Blitar. Karena jika hanya Pemerintah, TNI, dan Polri tidak mungkin dilakukan secara maksimal.

“Kampung tangguh ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam mengantisipasi penularan wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Blitar, Sebab jika hanya pemerintah, termasuk TNI, Polri tidak mungkin akan bisa maksimal dalam mengatasi wabah ini, oleh karena itu kami bersama Forpimda untuk memberdayakan kemampuan seluruh masyarakat, secara bersama-sama mengantisipasi penularan wabah Covid-19 ini, ” kata Kapolres.

Dengan adanya kesadaran bersama seluruh masyarakat di wilayah untuk bersama-sama menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta disiplin menjalankan protokol pencegahan Covid-19, maka mata rantai penularan virus corona pun bisa diputus

Senada dengan itu, Bupati Blitar Drs.H.Rijanto, MM menyampaikan, ia bersama wakil bupati, Kapolres, Dandim dan sejumlah OPD datang ke Kecamatan Wlingi, tepatnya di Kampung Baru, Kelurahan Baru, untuk mengadakan launching kampung tangguh bencana.

“Alhamdulillah semua bagus dan sangat baik, ini sesuai arahan pak Kapolda yakni semua desa di Jawa Timur, supaya membentuk kampung tangguh bencana,” jelas Bupati Blitar kepada awak Media.

Menghadapi situasi seperti ini, Lanjut Bupati, kalau tidak ada gerakan gotong-royong bersama- antara pemerintah dan masyarakat, apa yang dihadapi maka sulit untuk diselesaikan.” Dengan adanya kampung tangguh bencana maka kebersamaan dan gotong-royong akan terbangun dengan baik,” ungkap Bupati.  (Sunyoto.M.S).

Penulis : Sunyoto.M.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here