Penerapan New Normal, Tingkatkan Disiplin Masyarakat Namlea, Hadapi Pandemi Covid-19

0
525
Foto : Kapolres Pulau Buru bersama Sekda Kabupaten Buru dan Dandim 1506/Namlea, saat melakukan Kegiatan Rapat tentang Penerapan New Normal, Kamis (28/5/2020). (Kasman Umar).

NAMLEA, BMonline – Dalam menyambut penerapan fase New Normal ditengah Pandemi Virus Covid -19, Pemerintah telah mengintruksikan agar Fase Normal dapat dipersiapkan dengan baik, oleh karenanya kegiatan ini harus produktif dan aman dari wabah Covid-19, Kamis (28/5/2020), perlu disosialisasi secara transparan kepada masyarakat.

Dengan adanya penerapan New Normal, bertempat di Aula  Endra Darmalaksana Polres Pulau Buru, dilaksanakan Rapat Kordinasi, menindaklanjuti arahan Kapolda Maluku tentang penentuan titik atau lokasi yang menjadi sasaran kegiatan Disiplin Masyarakat menuju New Normal. agar masyarakat dapat beraktifitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Masih terkait dengan disiplin masyarakat, maka pemda Kabupaten Buru juga mengambil langkah dengan membagi dua pasar, guna mendisiplinkan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Foto : Peserta Rapat Kegiatan Penerapan Program New Normal. (Kasman Umar).

Apabila masyarakat ingin aktifitas kembali normal harus mengikuti protokol kesehatan. hal ini juga nantinya akan disosialisasi oleh instansi terkait ke masyarakat selama seminggu khusunya penjual yang ada di pasar inpres Namlea.

Dalam sambutan kegiatan Rapat Kordinasi tentang New Normal, Kapolres P.Buru Akbp Ricky Purnama Kertapati S.,Ik,.M.,Si., secara singkat mengungkapkan, kegiatan ini untuk menindaklanjuti video confrence oleh Kapolda Maluku yang dilakukan pada tanggal 27 mei 2020 tentang disiplin masyarakat menuju New Normal dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan Covid-19.

“Kegiatan ini dalam menindaklanjuti arahan Pak kapolda Maluku kemarin pada saat melakukan Vidio Confrence, mengenai masyarakat menuju New Normal, namun disiplin harus tetap perlu di terapkan, salah satunya protokol kesehatan,” ucap Kapolres Buru.

Dalam kesempatan yang sama Dandim 1506/Namlea Letkol Inf Syarifuddin Azis S.,Ag.,M.I.,Pol, juga menjelaskan, bahwa sinergitas TNI dan POLRI sangat di apresiasi oleh Pangdam XVI Pattimura. untuk itu, New Normal lebih ditekankan pada perilaku dalam masyarakat.

“Diharapkan juga agar nantinya disiapkan mobil ambulance yang selalu standby, jika ada pengukuran suhu tubuh dan ditemukan masyarakat yang suhu tubuhnya melebihi normal, sehingga bisa langsung dievakuasi. Selain itu, mestinya ada keterbukaan tentang orang yang sudah terpapar Covid-19, biar masyarakat dapat mengetahui dan ikut mengawasi sekalian menjaga dirinya,” ungkap Dandim Namlea.

Menanggapi berbagai masukan yang disampaikan oleh peserta Rapat, Pemda Buru yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten Buru M.Elyas Hamid,.SH,.MM., menyampaikan terimaksih kepada semua pihak, terutama kepada Kapolres Pulau Buru dan Kodim 1506/Namlea yang selalu bersinergi mendukung setiap kegiatan Pemda.

“Nantinya akan kita buatkan Pos dan Portal, Serta dilakukan deteksi dengan mengambil sample bagi masyarakat dari desa-desa yang masuk ke Namlea,” Kata Elyas.

Sosialisasi akan dilakukan dipasar Inpres Namlea, Lanjut Elyas, selama empat sampai lima bulan ke depan, kemudian diterapkan Pendisipilinan masyarakat menuju Kegiatan New Normal, serta pemindahan Pedagang barang pecah belah, perhiasan dan lainnya ke pasar baru.

“Nantinya Pasar Inpres Namlea diperuntukan bagi Penjualan Ikan, Sayur, Beras atau kebutuhan hari-hari masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan Konsumen dan Pedagang,” Tutupnya. (Kasman).

Penulis : Kasman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here