Ditolak Warga, 9 Orang Dari Zona Merah Diisolasi

0
158

Takengon, BMonline – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (3/6/2020) menerima laporan adanya keberatan masyarakat atas masuknya semebilan orang dari daerah zona merah ke wilayah mereka.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tengah, dr. Yunasri, M.Kes mengatakan hari 9 orang tersebut yang akan menjalani isolasi di tempat Karantina Kabupaten Aceh Tengah di komplek SMA Negeri 4 Takengon..

“Kesembilan orang itu, satu warga Kecamatan Bebesen, satu orang warga dari Aceh Utara dan 7 lainnya merupakan warga Sumatera Utara, masyarakat setempat merasa keberatan atas keberadaan mereka, sehingga kami putuskan untuk dikarantina” jelas Yunasri.

Yunasri menjelaskan bahwa satu orang warga Bebesen dan Aceh Utara yang dikarantina ini memiliki riwayat perjalanan dari zona merah yakni Sumatera Utara (Sumut), sementara 7 orang lainnya memang merupakan warga Sumatera Utara yang datang ke Aceh Tengah untuk bekerja.

“Yang jelas mereka punya riwayat perjalanan dari zona merah, bahkan 7 orang lainnya asli warga Sumut yang datang ke Aceh Tengah dengan berbagai pekerjaan, ada yang bekerja sebagai pedagang, pekerja kebun pembenihan kopi dan lainnya,” terang Yunasri.

Karena adanya penolakan dari masyarakat, Gugus Tugas kemudian mengambil alih dengan mengkarantina kesembilan orang tersebut, terutama 2 warga dari Bebesen dan Aceh utara tersebut, sementara 7 warga Sumatera Utara akan dipertimbangkan apakah akan lanjut dikarantina atau dipulangkan ke daerah asal mereka.

“Ini merupakan bagian dari tanggung jawab Pemkab melai Gugus Tugas, makanya mereka di isolasi selama 14 hari di tempat karantina kabupaten untuk dua warga dari Bebesen dan Aceh Utara tersebut, selebihnya untuk 7 warga asal Sumut masih akan kita lihat perkembangan lebih lanjut, apakah akan dikarantina atau dipulangkan,” pungkasya.(man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here