Pemuda Plandirejo Tewas Tersengat listrik

0
220
Foto : Korban Efendi Luki sedang diperiksa oleh petugas medis dan petugas Kepolisian Sektor Bakung. (Sunyoto MS).

BLITAR, BMonline – Efendi Luki, remaja laki-laki umur 16 tahun warga  Dusun. Sidorejo Rt. 01 Rw. 03 Ds. Plandirejo Kec. Bakung Kab. Blitar Jawa Timur tewas tersengat aliran listrik.

Peristiwa naas itu terjadi Selasa (02/06/2020) kemarin. Sekitar pukul 11.30 WIB, dirumah Misundoko 40 tahun warga RT 03/03 Dusun Sidorejo Desa Plandirejo. Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Menurut keterangan saksi yang yang merupakan teman bekerja korban, Yoga Sujarwanto,lk, Blitar  17 tahun Dusun Sidorejo RT 03/03 Desa Plandirejo Kec Bakung Blitar dan Misundoko, pemilik rumah tempat korban bekerja menuturkan, pada hari Selasa, (02/06/2020) sekitar pukul  11.30 wib korban sedang bekerja membuat pintu rumah. Dalam melaksanakan pekerjaan pembuatan pintu tersebut korban menggunakan alat pertukangan bermesin tenaga listrik.

Seperti biasanya alat disebut profil itu digunakan untuk bekerja tidak terjadi masalah. Namun pada hari naas ini korban menggunakan alat propil setelah disambungkan ke listrik, ketika alat di hidupkan atau di On kan, tiba-tiba korban langsung tersengat listrik dari alat propil yg dipegangnya tersebut, sampai korban terjatuh ke tanah.

Mengetahui hal itu, tanpa pikir panjang Yoga yg saat itu bekerja didekatnya berusaha menyelamatkan korban,  akan tetapi pertolongan itu tidak berhasil, karena Yoga juga ikut tersengat listrik. Mendengar teriakan Yoga saksi Misundoko  datang menolong. Untungnya saksi Misundoko  berhasil melepas saklar alat propil tersebut.

Setelah aliran listrik dapat diputus, Misundoko dibantu warga  bersama-sama membawa korban ke Puskesmas Puser Tulungagung namun sayang  nyawa korban tidak berhasil diselamatkan.

” Sebelum kejadian saya sudah mengingatkan kepada korban agar menggunakan alas kaki atau sandal bila menggunakan peralatan bermesin tenaga listrik, namun rupanya korban tidak menghiraukan peringatan tersebut dan korban sudah dua kali menggunakan alat propil untuk membuat pintu dirumah saya,” kata Misnundoko.

Kapolsek Bakung AKP Sunardi SH, membenarkan adanya kejadian remaja Desa Plandirejo, yang bernama Efendi Luki umur 16 tahun meninggal dunia, karena tersengat listrik.

” Setelah menerima laporan dari warga tentang adanya orang yang kena sengatan listrik kami bersama Kanit Reskrim, KSPKT dan anggota jaga dan anggota Koramil Bakung serta petugas kesehatan Puskesmas Bakung mendatangi TKP, melakukan pemeriksaan dan mengumpulkan barang bukti, maupun keterangansaksi-saksi untuk penyelidikan lebih lanjut” kata Kapolsek Bakung.

Atas kejadian ini pihak keluarga korban menerima kejadian ini sebagai musibah dan meminta agar korban untuk tidak dilakukan otopsi. Dengan membuat Surat Pernyataan yang diketahui oleh Kepala Desa Plandirejo.

Dari hasil pemeriksaan petugas ditubuh korban didapatkan luka gosong pada telapak tangan kiri bekas sengatan listrik.  (Sunyoto MS).

Penulis : Sunyoto MS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here