Dana Desa Tahap 1 Tahun 2020, Kepala Desa Pucanganom Fokus Bangun Infrastruktur

0
454
Foto : Kepala Desa Pucanganom saat memantau pengerjaan pavingisasi berem Jalan Sudimoro Gatak. (Candra)

MAGELANG, BMonline – Wujud realisasi Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun Anggaran 2020 di Desa Pucanganom, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang fokus bangun infrastruktur.

Kepala Desa Pucanganom Ahmad Attabik Amrullah ke pada Berita Merdeka mengatakan, di tengah Pendemi Covid -19 pada tahun ini, pihaknya telah melaksanakan kegiatan pembangunan sebagai wujud salah satu realisasi pembangunan Dana Desa Tahap Pertama.

“Beberapa jenis bangunan infrastruktur pada tahap pertama ini, merupakan usulan masyarakat yang di tampung melalui musyawarah bersama beberapa waktu yang lalu,” Kata Kades Pucanganom Ahmad Attabik Amrullah. Kamis (4/6/2020).

Foto : Kepala Desa Pucanganom Ahmad Attabik Amrullah bersama ketua TPK Desa Pucanganom dan Kaur pembangunan memantau pembangunan akses penghubung Jalan Dusun Sruwen Desa Pucanganom dengan Desa Bringin Kecamatan Srumbung. (Candra).

Lanjut Ahmad, adapun beberapa jenis pembangunan yang sudah di kerjakan dengan cara padat karya, meliputi pembangunan pelebaran jalan, Pavingisasi Berem Jalan Sudimoro – Gatak Desa Pucanganom, Berem Jalan Sudimoro – Berokan Desa Pucanganom, Cor jalan Dusun Sruweng Desa Pucanganom, Talud Dusun Jarakan Desa Pucanganom, Cor jalan Usaha Tani Nglampu – Sruwen Desa Pucanganom.

“Target kami, bagaimana Dana Desa bisa di rasakan juga oleh sebagian besar warga Desa Pucanganom.Bukan hanya pada elit atau kelompok di dekat balai Desa,” ungkapnya.

Bahkan ada satu titik pembangunan jalan, kata Ahmad, di Dusun Sruwen yang tembus ke Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, pengerjaanya dengan swadaya masyaraka.

Karena antusiasnya, Lebih lanjut Ahmad mengatakan, masyarakat merasa di perhatikan oleh pemerintah Desa, masyarakat secara sukarela bergotong royong dan ikut membantu pengadaan material batu, pasir, semen, agar pembangunan jalan tersebut bisa terialisasi. Dikarnakan selama ini Dusun tersebut jarang sekali tersentuh dengan kebijakan pemerintah Desa  selama ini.

“Dalam hal ini, saya berharap kepada Pemerintah untuk terus mensuport, demi terwujud pembangunan yang merata maupun di bidang bidang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu,ketua TPK Desa Pucanganom, Guntoro sekaligus kepala Dusun Nglampu mengatakan,memang pembangunan ini sudahditunggu tunggu oleh masyarakat Desa Pucanganom dengan Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, karena akses jalan ini sebagai penghubung dua wilayah tersebut.

“Walaupun warga dusun Sruwen yang akses langsung cuma 9 KK, dari Kepala Desa mengambil kebijaksanaan untuk pembangunan pemerataan di wilayah ini.Tidak memandang bulu warga yang besar dan kecil, memang di butuhkan prioritas utama untuk akses jalan ini antar Desa ini di prioritaskan oleh Kepala Desa Pucanganom,” tutup Guntoro.  (Candra).

Penulis : Candra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here