500 Warga Aceh Tengah Akan di Rapid Test

0
137

Takengon, BMonline – Sesuai dengan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 10/INSTR/2020 tanggal 4 Juni 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Pemeriksaan Coronavirus Disease (Covid-19) Melalui Rapid Test dan atau Swab, direncanakan sebanyak 500 orang warga Aceh Tengah akan dilakukan rapid test atau tes cepat Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Aceh Tengah, dr. Yunasri, M.Kes dalam konferensi pers bersama wartawan dan awak media di Sekretariat Gugus Tugas,Jumat (5/6/2020).

Yunasri menjelaskan, 500 orang yang akan dilakukan rapid test terdiri dari pegawai atau ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah di instansi vital yang sering berinteraksi dengan banyak orang, lingkungan Dayah atau Pondok Pesantren, Pedagang, Super Market atau Swalayan, danm Petugas Kebersihan.

“Sesuai Instruksi Gubernur tersebut, akan kita lakukan rapid test terhadap 500 orang di kabupaten Aceh Tengah dengan rincian ASN lingkup Pemkab Aceh Tengah 100 orang, Dayah atau Pondok Pesantren 150 orang, Pedagang 100 orang, Super market atau swalayan 50 orang dan Petugas Kebersihan 100 orang” katanya.

Menurut Yunasri, pelaksanaan rapid test nantinya akan dilaksanakan  oleh Dinas Kesehatan Aceh Tengah dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Aceh.

“Ini program dari provinsi, semua kebutuhan peralatan disediakan oleh Dinas Kesehatan Aceh, kita hanya melaksanakan dibawah koordinasi provinsi, untuk program ini kita mendapatkan kuota sampel 500 orang atau 0,2 persen dari jumlah penduduk Aceh Tengah saat ini, mudah-mudahan sampel ini dapat mewakili keseluruhan masyarakat” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah, Jayusman, S.KM saat ditanyai mengatakan pelaksanaan rapid test masih menunggu arahan dari provinsi.

“Kalau mengacu pada Instruksi Gubernur trsebut, pelaksanaan rapid test akan dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 8 sampai 15 Juni 2020 ini, untuk pegawai Pemkab petugas kebersihan akan dilakukan di Sekretariat Gugus Tugas, sedangkan untuk pedagang dan pekerja lainnya, kita akan mendatangi mereka langsung,” terangya. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here