Pemilihan BPD Desa Manau IX.I Berjalan Sukses

0
432

Kaur, Beritamerdekaonline.com – Pemerintah Desa Manau Sembilan Satu Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur, menggelar pemilihan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 15 Juni 2020.

Pemilihan dilaksanakan untuk mengganti lima anggota BPD yang masa jabatannya berakhir pada Juli 2020 mendatang.

Ketua panitia pemilihan, Arsan. S, mengatakan proses pelaksanaan berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah Kabupaten Kaur. Tata caranya disesuaikan dengan keadaan saat ini yaitu tetap menggunakan Protokol Kesehatan Karena masih suasana harus jaga jarak untuk mencegah penyebaran covid-19.

Sebagai penyelenggara pemerintahan desa dan pengambil keputusan, maka calon anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah.

“Dalam rapat panitia bersama pemerintah desa dan BPD, kita telah tetapkan 7 calon anggota BPD yang akan dipilih yang sebelum sampai tahap pemilihan sudah Panitia lakukan sileksi administrasi berkas sesuai dengan petunjuk tehknis.

Camat Padang Guci Hulu “Arbi Sairani S. IP dalam memberikan tanggapan ketika di wawancara beritamerdeka.com menyampaikan siapapun yang terpilih nantinya harus memahami tugas pokoknya, dan berkerjalah untuk masyarakat banyak, sesuai dengan aturan yang ada “Anggota BPD itu bukan perangkat desa tapi badan perwakilan masyarakat pembawa aspirasi,” ujar Camat.

Proses pemilihan dimulai pada pukul 08.00 Berakhir pada pukul 11.00 Wib. Diikuti 469 mata pilih.

Kegiatan ini dipantau langsung oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, Kapolsek Padang Guci Hulu Ibtu Samsul Rizal SH, Infanteri Asimin, serta dikawal ketat oleh dua orang hansip Silmandani dan Luhurman.

Adapun nama yang terpilih, Yogo Sarianto memperoleh suara tertinggi yaitu 121, Sarlaini 97 suara, Hendry Syahrial 82 suara, Herman Efendi 57 suara, Satria Putri 45 suara, Medi Harta 42 suara, dan Aspianto 28 suara dengan total keseluruhan suara sah 476 suara, batal 4 suara dan suara tak terpakai 24 suara.

Kepala Desa , setempat Feri Sonevele S. IP, meminta yang terpilih agar segera melaksanakan rapat internal untuk menentukan struktur BPD agar segera mendapat SK Bupati, sehingga dapat berkerja sesuai dengan tupoksinya agar roda Pemerintahan Desa tidak terhamabat “ungkap Feri”.(Miruan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here