banner 1028x90

Plt Gubernur Aceh: Lantik Dr.H.Muzakkar A Gani, SH., MSi Sebagai Bupati Bireuen

Bireuen, Beritamerdekaonline.com – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, MT melantik Dr.H.Muzakkar A Gani SH MSi sebagai Bupati Bireuen untuk sisa masa jabatan tahun 2017-2022, dalam Rapat Paripurna Dewan Permusyawaran Rakyat Kabupaten (DPRK) di Gedung DPRK Bireuen, Kamis, 18/06/2020.

Dr.H.Muzakkar A Gani SH MSi menggantikan Almarhum H Saifannur yang meninggal dunia awal tahun lalu. 19 Januari 2020.

Nova Iriansyah pidatonya berpesan, agar Muzakkar harus mampu menciptakan harmonisasi di lingkungan pemerintahan dengan menerapkan prinsip tata kelola yang bersih, transparan dan akuntabel. Bersikaplah dengan tegas dan bijaksana dalam menginisiasi lingkungan kerja yang sadar hukum, terutama dalam kaitannya dengan pemberantasan korupsi,” ujar Nova.

Nova juga mengingatkan pentingnya memperkuat kerja sama dengan legislatif, tokoh agama, dan tokoh masyarakat agar dukungan bagi pembangunan lebih lancar.

“Tingkatkan kualitas pelayanan publik, serta merancang penggunaan anggaran daerah se efektif mungkin.

Dengan demikian aktivitas pembangunan mampu memacu pertumbuhan pusat ekonomi yang integratif, demi mewujudkan daya saing menjadi daerah yang unggul,” ujar Nova.

Nova juga mengingatkan Muzakkar untuk terus menjaga dan meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan Pemerintah Aceh agar dapat merancang dan mensinergikan pembangunan secara bersama sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Aceh, seperti yang terdapat dalam RPJM Aceh 2017-2022 yang memuat program-program prioritas.

Pembangunan yang dimaksud, lanjut Nova, tidak hanya bidang Ekonomi, Infrastruktur, Pertanian dan sebagainya, tapi juga di bidang Kesehatan, termasuk kaitannya dengan penanganan wabah covid-19 yang marak belakangan ini. Penyebaran virus tersebut bahkan telah merusak banyak sendi kehidupan masyarakat.
Karena itu ia berharap Kabupaten Bireuen bisa menjadi pemicu bangkitnya pembangunan itu, mengingat Bireuen relatif minim kasus penyebaran covid-19.
“Sampai hari ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh melaporkan Bireuen masih nol kasus positif covid-19. Sehingga wilayah ini masuk dalam kategori yang siap menerapkan kebijakan tatanan kehidupan baru “Masyarakat Produktif dan Aman covid-19” di Aceh,” kata Nova.

Karena itu dia meminta Bupati Muzakkar bisa memimpin tim dalam merumuskan dan mensosialisasikan penerapan “Tatanan Kehidupan Baru” tersebut, dengan melibatkan segenap elemen masyarakat. Kebijakan itu nantinya akan menjadi dasar untuk mengaktifkan kembali berbagai aktivitas di wilayah ini, sehingga gerak ekonomi daerah kembali normal.

Bupati Bireuen, Muzakkar A. Gani, usai pelantikan mengatakan, pihaknya bersama unsur Forkopimda terus berjuang agar Bireuen tidak terpapar penyakit Covid yang misterius tersebut.

Dalam mengantisipasi gejala penyebaran Covid-19, Pemkab Bireuen telah menginstruksikan seluruh masyarakat menjaga disiplin dan ikut berpartisipasi melalui karantina mandiri.

“Kita patut bersyukur sampai hari ini belum ada masyarakat yang terjangkit dan Bireuen masih masuk dalam daerah zona hijau. Kita terus berupaya, berusaha dan berdoa semoga Allah menjauhkan pandemi covid-19 ini kepada masyarakat Bireuen dan masyarakat Aceh tercinta,” kata Muzakkar.

Pelantikan dirinya, lanjut Muzakkar, tak lebih dari proses seremoni sekaligus proses perenungan atas sebuah peristiwa yang Allah tunjukkan, yaitu meninggalnya H Saifannur saat tengah memangku jabatannya sebagai Bupati Bireuen. Usai dilantik sebagai pemimpin Bireuen pada tanggal 10 Agustus 2017, Saifannur kemudian meninggal dunia pada 19 januari 2020, hingga kemudian mengantarkan Muzakkar sebagai pengganti dari Saifannur untuk menjadi Bupati sisa jabatan tahun 2017-2020.
(Umar A Pandrah).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics