SMSI Audensi dengan Kapolda Bengkulu, Bahas Netralitas Media di Pilkada

0
172

Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu, bersama Asosiasi Media Bengkulu Online (AMBO) menggelar audensi dengan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono M.Si di ruang kerja Kapolda Bengkulu, Kamis (25/6/2020). Hadir dalam audensi tersebut, Penasihat SMSI Oktarina Syafrudin, Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo, Ketua AMBO Aurego Jaya, Dir Intelkam Polda Bengkulu Kombes Pol Solihin, Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno dan dari crew BD TV, Benny Hidayat.

Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo dalam penyampaiannya mengatakan, SMSI di Bengkulu saat ini beranggotakan 60 media siber (online) dan AMBO memiliki 12 anggota media siber, akan siap bersinergi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu dan jajaran dalam mensukseskan pilkada serentak di Bengkulu yang akan digelar pada Desember 2020 nanti.

Sinergi tersebut dapat diwujudkan melalui keterbukaan informasi di Polda jajaran yang bisa diakses oleh para wartawan di Bengkulu, selain itu, sinergi juga akan diwujudkan dalam menciptakan situasi pilkada yang kondusif. Dijelaskan Wibowo, saat ini menjelang pilkada, akan muncul berbagai provokasi untuk mempengaruhi opini masyarakat, untuk itu, peran media online sangat dibutuhkan dalam menciptkan informasi yang netral dan tidak berpihak pada kepentingan politik tertentu. Namun demikian, media sebagai sarana informasi publik, akan memberikan ruang yang adil bagi setiap kandidat yang akan berebut kursi di pilkada nanti untuk mereka bersosialisasi.

“Menjadi dasar media untuk bersosialisasi bagi para kandidat itu diatur dalam kode etik jurnalistik, pedoman pemberitaan media siber dan tentunya ada PKPU yang mengatur iklan sosialisasi bagi kandidat, silahkan manfaatkan media online untuk bersosialisasi secara profesional dan proporsional, SMSI dan AMBO akan siap bersama-sama membangun pilkada yang produktif untuk melahirkan pemimpin sejati pilihan rakyat,” ujar Wibowo.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono M.Si menyampaikan terimakasih atas audensi SMSI dan AMBO. Menurut Kapolda, media online saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena kecepatan informasinya, bisa diakses dimana saja dan kapan saja, selagi tersedia akses internet. Untuk itu, Polda Bengkulu dan jajaran akan selalu bersinergi terhadap media online di Bengkulu.

“Sekarang ini masyarakat lebih cenderung membaca media online, karena bisa diakses melalui handphone dimana saja, dan kami Polda Bengkulu juga berterimakasih atas peran media online yang sudah membantu Polda Bengkulu dalam menyampaikan informasi setiap kegiatan di Polda Bengkulu dan jajaran, kemitraan ini akan terus kami lakukan, terlebih ini akan digelar pilkada, tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskannya,” kata jenderal bintang dua berdarah Jawa ini.

Ditambahkan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno S.Sos M.Si, kemitraan antara Humas Polda Bengkulu dengan media online sudah terjalin dengan baik selama ini, diantaranya setiap kebutuhan informasi yang tidak bisa langsung datang ke Polda Bengkulu, bisa diakses melalui situs resmi Polda Bengkulu www.tribratanewsbengkulu.com. Disitus tersebut, setiap hari update berbagai kegiatan Polda Bengkulu dan jajaran.

“Silahkan dimanfaatkan situs resmi kami untuk informasi di media online, ini bentuk keterbukaan informasi publik dari Polri kepada media dan masyarakat,” kata Sudarno.

Sementara itu, menurut Ketua AMBO, Aurego Jaya, perkembangan media online di Bengkulu saat ini sangat pesat. Bahkan, dari data saat ini, jumlah media online di Bengkulu mencapai 200 media online. Dari jumlah itu, saat ini sebagian media sudah bergabung di 4 organisasi perusahaan pers yakni SMSI, AMBO, Formasi dan JMSI. Namun masih ada juga yang belum bergabung dan itu menjadi hak masing-masing media tanpa ada paksaan harus bergabung di asosiasi.

Namun menurutnya, sebaiknya media online yang ada di Bengkulu bergabung dengan asosiasi sesuai pilihannya. Hal itu akan akan bermanfaat dalam banyak hal. (SMSI Provinsi Bengkulu)

Editor : Mitra Pizer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here