Pendaftaran PPDB Jabar Tahap 2 telah di Buka SMA, SMK dan SLB

0
3133

Bandung, Beritamederdekaonline – Pendaftaran PPDB Jawa Barat (Jabar) tahap 2 telah dimulai dari Kamis, 25 Jun s/d 1 juli 2020 yang di kutip di halaman Resmi PPDB Jabar, bagi Calon Peserta Didik yang tidak Lolos Seleksi di tahap 1, dapat mendaftar di PPDB tahap 2. Calon peserta didik yang tidak lolos tahap pertama bisa mendaftar melalui jalur zonasi dan prestasi sesuai dengan sekolahnya di tahap dua.

Ketua Panitia PPDB 2020 yang juga menjabat Kepala Bidang PSMA Disdik Jabar Yesa Sarwedi menjelaskan, “calon peserta didik yang tidak lolos seleksi di tahap pertama agar tidak khawatir atau cemas. Karena, calon peserta didik bisa mengikuti seleksi tahap dua yang dibuka pada 25 Juni hingga 1 Juli 2020.”.

Yesa juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawal PPDB 2020 ini agar pelaksanaannya selaras dengan prinsip PPDB, yakni objektif, transparan, nondiskriminatif, dan berkeadilan. “Kepada masyarakat saya berpesan agar tetap tenang, jaga kesehatan, dan ikuti protokol COVID-19,” himbaunya.

Pendaftaran dilakukan secara daring (online) melalui situs web resmi PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan alamat http://sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id bagi pendaftaran yang dilakukan oleh sekolah asal, dan http://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id bagi pendaftaran yang dilakukan pendaftar secara mandiri.

Jadwal PPDB Jabar Tahap 2 SMA dimulai untuk Pendaftaran jalur zonasi dari tanggal 25, 26, 29, 30 Juni, 1 Juli 2020 dilanjutkan dengan Verifikasi data Calon Peserta Didik yang sudah diinput pada 2 dan 3 Juli 2020 berikutnya Pengumuman jalur zonasi pada 8 Juli 2020 dan terakhir Daftar Ulang pada tanggal 9 dan 10 Juli 2020 sehingga Tahun Pelajaran Baru jatuh pada 13 Juli 2020

Dan Jadwal PPDB Jabar Tahap 2 SMK dimulai pendaftaran jalur prestasi nilai akademik rapor umum dari tanggal 25, 26, 29, 30 Juni sampai 1 Juli 2020  dilanjutkan dengan Verifikasi data Calon Peserta Didik yang telah diinput pada 2 dan 3 Juli 2020 berikutnya Pengumuman jalur prestasi nilai akademik raport pada 8 Juli 2020  dan terakhir Daftar Ulang pada tanggal 9 dan 10 Juli 2020 sehingga Tahun Pelajaran Baru juga pada tangga 13 Juli 2020.

Cek Pengumuman PPDB Jabar SMA/SMK Untuk tahap 1 PPDB SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 di Jawa Barat (Jabar) dibuka pada Senin 8 Juni 2020. Pendaftaran tahap pertama telah dibuka di seluruh XIII (KeTiga Belas) Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Cadisdikwil).

Pengumuman hasil seleksi PPDB Jabar SMA dan SMK 2020 tahap 1 disiarkan pada Senin (22/6/2020) mulai pukul 14.00 WIB melalui Situs web resmi PPDB Jabar dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Dikutip dari situs web PPDB Jabar, hasil yang diumumkan hari ini adalah seleksi untuk SMA, SMK, dan SLB. “Pengumuman hasil seleksi PPDB akan diumumkan pada tanggal 22 Juni 2020 pukul 14.00 WIB,” demikian tertulis dalam laman PPDB Jabar di ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Selain informasi pengumuman, Disdik jabar juga mengingatkan soal informasi daftar ulang bagi pendaftar yang diterima. Pengumuman daftar ulang dapat dilihat pada menu Info Sekolah di situs Web PPDB Jabar pada sekolah tujuan tempat peserta didik diterima, bagi daerah/sekolah yang tidak terkendala Internet, bagi sekolah/daerah yang terkendala internet, informasi daftar ulang dapat dilihat di sekolah tujuan tempat peserta didik diterima.

Pengumuman pendaftaran merupakan informasi kepada masyarakat yang memuat waktu pendaftaran dan persyaratan, pelaksanaan seleksi, penetapan hasil seleksi, serta daftar ulang yang dapat dapat diperoleh melalui Situs Web resmi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan alamat http://disdik.jabarprov.go.id atau Situs Web resmi PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 Pemerintah Provinsi Jawa Barat http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Pengumuman yang disiarkan hari ini merupakan hasil seleksi SMA jalur afirmasi, jalur perpindahan/anak guru, dan jalur prestasi. Untuk SMK, pengumuman hari ini untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan/anak guru, jalur prestasi nilai rapor unggulan/ industri, dan jalur prestasi perlombaan.

Sejumlah 111 ribu peserta didik diterima pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Jawa Barat (Jabar) Tahun 2020 Tahap I. demikian dikutip dari laman resmi Disdik Jabar. Jumlah tersebut memenuhi 74,6 % kuota yang disediakan pada tahap pertama yang berjumlah 149 ribu siswa. “Dari seluruh pendaftar yang berjumlah 204 ribu pendaftar, ada 111 ribu peserta yang diterima di tahap pertama,” tambah Kadisdik.

Kadisdik menyampaikan, “ada 12,6% kuota tahap pertama yang masih belum terpenuhi. Sehingga, kuota tersebut akan dilimpahkan pada pendaftaran tahap kedua sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Tahun 2020.”.

Ia pun berpesan kepada calon peserta didik dan orang tua calon peserta didik yang tidak lolos di tahap pertama agar tidak panik. Ia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan jalur tahap kedua.

“Kalau nanti di tahap kedua juga tidak terima, kami sarankan memilih sekolah-sekolah Swasta. Mereka juga telah terakreditasi dan kualitas pendidikannya pun tidak diragukan lagi,” katanya.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan menjamin semua anak di Jabar bisa sekolah. “Jika ada orang tua yang akan melakukan pengaduan atau membutuhkan informasi seputar PPDB, kami telah menyiapkan posko pengaduan, Bisa melalui daring atau call center atau bisa juga ke satuan pendidikan/cabang dinas pendidikan,” jelasnya.

Penulis : (YANA.S)

Editor: (Mitra Pizer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here