Pesan-pesan saat Pembukaan Konferkab ke-1 PWI Mukomuko

0
191
Foto bersama Bupati Mukomuko Choirul Huda, Ketua PWI Provinsi Bengkulu, PWI Mukomuko, dan unsur Forkopimda Kabupaten Mukomuko.

Mukomuko, Beritamerdekaonline.com – Berakhirnya masa kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko periode 2017-2020, PWI Kabupaten Sabtu (27/6/2020) pagi menggelar konferensi kabupaten (Konferkab) ke-1 di Aula Hotel Madiyara.

Ketua Demisioner PWI Kabupaten Mukomuko Amris Tanjung menyampaikan ucapan perpisahannya kepada pengurus PWI Kabupaten Mukomuko periode 2017-2020 dan unsur Forkopimda Kabupaten Mukomuko yang selama ini kepengurusannya telah bersinergi dengan baik.

“Selama kepengurusannya berbagai kegiatan PWI Kabupaten Mukomuko telah dilaksanankan dengan sukses atas dukungan dari semua pihak, seperti pencatatan rekor muri tari gandai, pelatihan jurnalistik, uji kompetensi wartawan (UKW) dan lain sebagainya,” ujarnya dalam sambutan.

Selama kepengurusannya juga, kata Amris, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Bupati Mukomuko Choirul Huda, telah memberikan banyak sekali dukungan dan membantu semua kegiatan PWI Kabupaten Mukomuko.

“Kami ucapkan banyak terimakasih atas dukungannya, ucapan terimakasih juga kepada semua pihak dan unsur Forkopimda Kabupaten Mukomuko yang selama tiga tahun ini telah membimbing kami. dan tak lupa pula dukungan juga dari unsur-unsur OPD di Lingkup Pemkab Mukomuko,” tambahnya.

“Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada pengurus PWI Provinsi Bengkulu yang selalu membimbing kami selama menjadi pengurus, mungkin selama kepengurusan kami banyak program yang belum dijalan atau merasa kurang puas, kami mohon maaf, semoga kepengurusan berikutnya bisa melanjutkan program-program yang belum dijalan tersebut,” ungkap Amris Tanjung sambil menyatakan dirinya tidak mencalon diri kembali dalam pemilihan Ketua PWI Mukomuko.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony mengatakan semasa dibawah kepemimpinan Amris Tanjung, dirinya menilai semua kegiatan PWI Kabupaten Mukomuko berjalan dengan sukses dan baik. Kendati demikian siapa pun ketua terpilih nanti, ia berpesan untuk tetap melanjutkan sinergi yang baik dengan unsur pemerintahan, Forkopimda Kabupaten Mukomuko dan pihak lainnya.

“Ini karena pers sebagai pilar demokrasi keempat, pemerintah dan semua pihak adalah mitra pers dalam mewujudkan cita-cita bangsa ini,” kata Zacky dalam sambutannya.

Zacky Antony kembali mengingatkan untuk wartawan tidak boleh melanggar kode etik saat melakukan proses peliputan.

“Misalnya saat proses peliputan ada itikad tidak baik dari kita, itu sudah melanggar kode etik,” tegasnya.

Dirinya juga berpesan kepada PWI Mukomuko untuk turut serta dalam mendukung program kemajuan pemerintah daerah khususnya dalam membantu penyebaran informasi baik melalui tulisan maupun secara visual. Selain itu juga, ini guna mewujudkan kemerdekaan pers yang bermartabat dan beradab.

“Jangan ada wartawan yang mencederai kemerdekaan pers tersebut, saat proses peliputan gunalah cara yang profesional,” pesan Zacky Antony.

Selain itu, pers harus hadir saat pemenuhan hak-hak publik dalam informasi, yaitu dengan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat serta mempunyai dampak yang baik.

“Misal saat pemberitaan Covid-19, sampaikan tulisan dengan tidak membuat masyarakat keresahan dimasyarakat,” sampainya

“Sekali lagi hal-hal ini agar bisa juga dipahami untuk kepengurusan yang baru nanti. Dan sinergi yang baik harus terus berlanjut kepada semua pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Mukomuko Choirul Huda menyampaikan dalam sambutannnya, pers sangat membantu pemerintah dalam menyampaikan pola informasi, memberikan kritik dan saran.

“Tanpa adanya kawan-kawan wartawan kita bukanlah siapa-siapa, melalui tulisan kawan-kawan wartawan yang informatif dan inspiratif yang tadinya daerah tersebut tidak dikenal orang, dengan tulisannya mampu membuat nama dearah bisa dikenal orang banyak,” sampai Bupati, sekaligus membuka kegiatan Konferkab ke-1 PWI Mukomuko.

Bupati juga menceritakan saat dirinya berada di dearah lain, dirinya pun dikenal orang, ini juga karena tulisan-tulisan kawan-kawan wartawan. “Ini menjadi bukti insan pers sangat penting bagi kemajuan suatu daerah,” tambahnya.

Dirinya juga sangat apresiasi semua kegiatan yang dilaksanakan organisasi PWI Kabupaten Mukomuko ini. “Organsasi itu sangat penting, karena bisa saling menguatkan dan saling mengingatkan serta saling menasehati. Dan saya yakin wartawan mampu menilai mana yang baik dan mana yang buruk, apalagi sering dilaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi wartawan itu sendiri,” sampai Bupati Mukomuko Choirul Huda.

Selain itu, kata Bupati, ditengah pandemi Covid-19 ini semua profesi terdampak, tidak ada yang tidak terdampak, termasuk juga kawan-kawan wartawan. “Tetapi kawan-kawan tetap tangguh, sesuai dengan tema saat ini mewujudkan organisasi yang tangguh,” ucapnya.

“Saya ucapkan selamat dan sukses saat melaksanakan Konferkab ke-1 PWI Kabupaten Mukomuko,” tutupnya. (BM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here