Tanjung Kuras Menjadi Kampung Kaligrafi dan Kawasan Wisata

0
160
Foto: Putra Kampung Sungai Apit yang mempunyai gagasan untuk membangun daerah menjadi daerah kawasan wisata

SIAK, Beritamerdekaonline.com – Semasa masih berada dalam wilayah Kabupaten Bengkalis, Desa Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, masuk dalam kategori Desa tertinggal. Apalagi Tanjung Layang, yang merupakan dusun paling ujung dari Desa ini hanya memiliki akses jalan setapak.

Siak merupakan Pasca pemekaran dari Kabupaten Bengkalis pada 1999 terbentuklah daerah otonomi Kahupaten Siak, dan Sungai Apit salah satu kecamatannya. Tanjung kuras secara perlahan ikut terimbas.5/7/2020

Kini, Kampung Tanjung Kuras dikenal sebagai Kampung Kaligrafi, karena hampir tiap pelaksanaan MTQ, juaranya berasal dari kampung Tanjung Kuras Selain itu kampung Tanjung Kuras juga identik dengan nenas, karena beratus hektare kebun nenas terhampar di kampung ini. Bahkan, nenas Tanjung Kuras pemasarannya sudah menembus Pulau Jawa.

Sebagai putra kelahiran Sungai Apit, Syamsurizal Budi patut bersyukur, setelah 10 tahun Kabupaten Siak berdiri atau tepatnya pada 2009, saya mendapat kepercayaan dan amanah dari masyarakat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Siak. Setelah masuk tiga priode saya di legislatif, Tanjung Kuras salah satu Desa yang selalu menjadi perhatian.

Syamsurizal Budi selaku anggota DPRD Kabuaten Siak dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Siak; berupaya membangun komitmen atas Dapil yang saya wakili. Untuk Kampung Tanjung Kuras dalam pandangan ada beberapa yang patut menjadi prioritas Tanjung Kuras sebagai Kampung Kaligrafi.

Industri kecil untuk meningkatkan Ekonomi Masyarakat ke yang lebih baik.Untuk mangingat Sejarah Perjuangan Kerajaan dan Rakyat Siak dalam peristiwa Perang Guntung Abad ke 17.maka perlu di buat Monumen sejarah di Tanjung Layang yang berhadapan dengan Selat Guntung.Perlu perhatian serius untuk pembangunan Wisata Pantai Beting Tanjung Layang Kampung Tanjung Kuras.Sebagai upaya menjadi PAD juga Ikon baru dikawasan Wisata Kabupaten Siak. (Zulkifli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here