Jelang Idul Adha, Beberapa Lokasi Penampungan Hewan Ternak Diperiksa

0
100
Foto : Petugas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang melakukan pemeriksaan hewan sebelum disembelih (antemortem) di sejumlah lokasi. Rabu (8/7/2020). (Minan).

REMBANG, Beritamerdekaonline.com – Menjelang Idul Adha, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang melakukan pemeriksaan hewan sebelum disembelih (antemortem) secara masif di beberapa lokasi penampungan hewan yang berada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Rabu (8/7/2020)

Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang nantinya akan digunakan untuk berkurban telah memenuhi syarat baik secara aspek syariatnya maupun aspek kesehatan hewan ternak tersebut.

Medik Veteriner Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, drh. Moh. Anwarul Fu’ad mengatakan dalam pelaksanaan Idul Adha ada beberapa syarat hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba yang diperbolehkan untuk kurban. Diantaranya harus dalam kondisi sehat, tidak memiliki cacat fisik dan harus cukup umur.

“Dalam pemeriksaan antemortem yang dilakukan hari ini, ditemukan hewan dengan kategori belum cukup umur 3 ekor sapi, 5 ekor domba. Serta radang selaput mata 2 ekor domba, diare 1 ekor sapi. Beberapa penyakit tersebut tergolong penyakit non-zoonosis atau tidak menular dari hewan ke manusia dan dapat disembuhkan,”ungkapnya.

Namun, lanjut drh. Moh. Anwarul Fu’ad
dari aspek syariat hewan dengan gejala sakit atau berpenyakit tidak baik untuk menjadi hewan kurban. Selain itu dalam pemantauan juga ditemukan masih banyaknya penjual ternak, serta tempat penampungan ternak yang belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Kami dari Dinas teknis selalu memberi himbauan kepada masyarakat supaya selalu menerapkan standar protokol kesehatan yang baik guna mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19, khususnya dalam proses pelaksanaan kurban saat ini,” jelasnya.

“Pastinya untuk memastikan masyarakat memeroleh dan mengkonsumsi daging yang Aman, sehat, utuh dan halal,”tegasnya.

drh. Moh. Anwarul Fu’ad menambahkan pemeriksaan antemortem akan dilaksanakan hingga memasuki hari Idul Adha. Selain pemeriksaan antemortem, pada saat penyembelihan hewan kurban juga dilakukan pemeriksaan setelah hewan disembelih (postmortem). Nantinya tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Rembang akan melaksanakan pemeriksaan disebagian besar titik lokasi penyembelihan hewan kurban yang ada di Kabupaten Rembang. (Minan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here