IAIN Curup Bentuk UKM Perdana, Salah Satu Organisasi Olahraga Memanah Tradisional

0
725

Rejang Lebong, Beritamerdekaonline.com – PERDANA adalah kepanjangan Persatuan Pemanah Berkuda Indonesia, yaitu salah satu dari cabang olahraga memanah tradisional yang sedang booming di Nusantara.

Banyak sekali organisasi organisasi memanah tradisional yang ada, termasuk di Bengkulu,” Kata Gopal Idris, Ketua Harian DPD PERDANA Bengkulu, disela-sela latihan rutin setiap hari Sabtu dan Minggu di lapangan Panahan yang terletak di depan Gedung RKB IAIN Curup.”

Para pemanah berlatih setiap  Jum’at, Sabtu  dan Minggu pagi. Termasuk  jadwal latihan mahasiswa yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk latihan dibimbing oleh  Pengurus PERDANA ( Persatuan Pemanah Berkuda Indonesia) BENGKULU.” ujar Gopal Idris Ketua Harian Perdana DPD Bengkulu.

Olahraga memanah ini dapat membentuk karakter anak bangsa. karena Ketika Memanah, Seorang pemanah harus benar-benar dapat menguasai atau mengendalikan emosinya karena stabilitas emosi sangat berpengaruh terhadap pencapaian skor. Cuaca, kelembaban udara, terpaan angin merupakan tantangan yang harus ditaklukan pada saat memanah.

Pemanah harus mengambil keputusan yang tepat sesaat sebelum melepaskan panahnya ke sasaran ketika terjadi angin. Sistem penilaian dalam panahan juga mengajarkan pemanah untuk jujur karena skoring tidak dilakukan oleh wasit atau juri, tetapi dilakukan sendiri oleh pemanah,” jelas Gopal.”

Alhamdulillah di IAIN Curup, organisasi PERDANA menjadi salah satu UKM (unit kegiatan Mahasiswa) di IAIN,” kata  Elfina Staff Fakultas Tarbiyah yang juga salah satu pengurus PERDANA di IAIN Curup.”

“Dan saat ini sudah terbentuk klub panahan, yang diberi nama PANIC, singkatan dari  Panahan IAIN Curup,” tambah Elfina.”

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk membantu mengembangkan minat dan bakat mahasiswanya.  Kampus IAIN Curup telah menyediakan, lokasi ini sangat strategis digunakan untuk para mahasiswa latihan.” ujar Elfina Staff Fakultas Tarbiyah.

Selain mahasiswa kegiatan panahan ini ternyata juga menarik minat para Dosen dan Staf IAIN Curup untuk ikut bergabung hal ini terbukti dengan mereka memiliki jadwal tersendiri,”tambah Elfina.” (IU/BM)

Editor : Aldi Ilham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here