Pemerintahan Desa Jikumesra, Dukung Danil Rigan Berinvestasi Wisata di Jikumerasa

0
286
Foto : Kepala Desa Jikumerasa, Maya Bugis saat ditemui wartawan beritamerdekaonline.com di kantornya. (Kasman).

NAMLEA, Beritamerdekaonline.com – Investasi pedesaan diharapkan mengarah pada peningkatan kesejahteraan, sehingga melalui investasi ini masyarakat desa dapat diberdayakan, Selasa (05/08/2020).

Hal ini dikatakan oleh kepala Desa Jikumerasa, Maya Bugis menuturkan, dirinya sikapi rencana investor yang ingin berinvestasi dalam pengelolaan wisata pantai di didesanya.

Diharapkan oleh Maya, agar masyarakat juga  berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam membentuk dan merubah perilaku untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik dan berkualitas.

Foto : Djaya, Kepala Urusan Pemerintahan Desa Jikumerasa, saat memberikan keterangan di ruangannya. (Kasman).

“Sebagai kepala Desa, saya sangat mendukung rencana pengusaha nasional yang juga putra kelahiran Desa Jikumerasa pak Danil Rigan, untuk mengelola wisata pantai Jikumerasa secara profesional, tentu ini sangat menguntungkan masyarakatnya,” kata Maya.

Sementara itu, kepala urusan pemerintahan Desa Jikumerasa, DJaya menjelaskan, bahwa akan mensinkronkan potensi adat ke dalam tujuan wisata, sehingga orang yang datang berkunjung ke Jikumerasa bukan saja karena pantainya, tàpi juga karena adat istiadatnya juga.

“Selain itu, akan ditampilkan kegiatan adat dari beberapa suku atau marga yang ada di Jikumerasa, dalam mendukung program pariwisata yang dicanangkan oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

“Nantinya akan ada tarian adat yang akan dilakukan dalam menyambut wisatawan yang berkunjung, bahkan akan dilaksanakan festifal adat lokal yang akan dilasanakan tiap enam bulan sekali,” Tambahnya.

Sebagai desa yang masyarakatnya sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan, Lanjut Djaya, maka nantinya akan dibuat semacam menu yang menjadi chiri khas yang terbuat dari ikan dan akan dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Jikumerasa.

“Seperti minyak kayu putih yang menjadi andalan Kabupaten Buru, juga turut dipromosikan, semuanya akan dikemas secara profesional dan dipasang lebel sebagai produk lokal,” tutupnya. (Kasman).

Penulis : Kasman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here