TNI Tidak Berpolitik Praktis, KPU Diminta Berkoordinasi Hingga Tingkat Desa

0
114

Foto: Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing (kiri) dan Dandim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi (dua kiri) mengikuti rakor di KPU soal syarat calon (Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI, Beritamerdekaonline.com – Anggota TNI dan Polri Wonogiri siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilbup Serentak Wonogiri, 9 Desember mendatang. Kedua satuan itu meminta terbangun sinergi agar pesta demokrasi berjalan kondusif.


Pernyataan itu disampaikan Dandim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, seusai mengikuti Rakor di Kantor KPU Wonogiri, Selasa (11/8/2020).

“Kami, TNI tidak melaksanakan politik praktis, kami akan selalu berupaya untuk menekankan kepada satuan kami dibawah sampai dengan prajurit untuk selalu netral. Kami siap berkordinasi dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian dan instansi terkait, guna menjaga kondisifitas pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri,” ujarnya.


Dandim menyatakan TNI-Polri siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020. Dandim mengajak semua elemen masyarakat bersama-sama bersinergi membangun kondisifitas didalam pelaksanaan pesta demokrasi.


Hadir di kegiatan tersebut selain Dandim juga Kapolres Wonogiri, AKBP Cristian Tobing, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Wonogiri, Teguh Setiyono, Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, Ketua Bawaslu, Ali Mahbub, Kakesbangpol, Sulardi.

Ketua KPU Wonogiri, Toto, mengatakan KPU ingin memberikan informasi sejak awal dan ingin membawa suasana demokrasi di Wonogiri sejuk. “Kami berharap dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan aman dan tertib.”


Sementara itu, Asisten Bidang Kesra Setda Wonogiri, Teguh Setiyono, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada KPU dan Bawaslu dalam rangka menyelenggarakan hajatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri tahun 2020.

Menurutnya, secara umum pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan kali ini lain dari tahun-tahun sebelumnya karena ditengah pandemi Covid-19. “Untuk itu beberapa kegiatan akan menyesuaikan dengan situasi sekarang. Terkait dengan anggaran sudah dialokasikan dari APBD Kabupaten Wonogiri baik 2019 maupun 2020. Inilah bentuk dukungan dari pemerintah Kabupaten Wonogiri pada penyelenggara Pilkada. Kita berharap agar pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.


Teguh menegaskan Bupati selaku Ketua Gugus Tugas belum bisa memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melaksanakan aktifitas-aktifitas yang bisa menimbulkan kerumunan.

“Teman-teman yang berada di PPK tingkat Kecamatan, agar selalu berkordinasi dengan Forkopincam setempat. Ditengah pandemi Covid-19, KPU harus bekerjasama dengan semua kekuatan yang ada sampai dilini bawah, yakni Kepala Desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas.” (Trianto Hery Suryono)

Penulis : Trianto Hery Suryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here