Tindakan Ini, Dilakukan Bagi Pendonor Darah di Masa Pandemi Covid-19

0
176

Foto: Petugas PMI yang sedang menyemprotkan disinfektan kepada anggota TNI Pracimantoro, saat akan mendonorkan darah dalam acara bhakti sosial di pendopo kecamatan pracimantoro

WONOGIRI, Beritamerdekaonline.com – Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri tetap melakukan pengambilan darah secara mobiling atau mendatangi lokasi pendonoran.

Pengambilan darah terus dilakukan selama pandemi Covid-19 namun mematuhi protokol kesehatan.
Seperti dilakukan di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Kamis (13/8/2020).

Kegiatan bakti sosial donor darah warga Pracimantoro dilaksanakan di Pendopo Kantor Kecamatan Pracimantoro. Donor darah rutin setiap tiga bulan sekali dilakukan oleh anggota TNI dan masyarakat setempat.

Bersamaan dengan pelaksanaan donor darah, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pracimantoro melakukan penyemprotan disinfektan.

Danramil 13/Pracimantoro Kapten (Inf) Handriya menyatakan anggotanya ikut dalam kegiatan bakti sosial tersebut. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya merupakan salah satu bentuk partisipasi anggota Koramil 13/Pracimantoro ditengah pandemi Covid-19 untuk mendonorkan darahnya kepada siapa saja yang membutuhkan.

Foto: Camat Pracimantoro Warsito (mengenakan baju batik) bersama tim gugus tugas pecepatan penangan Covid-19 Pracimantoro, saat menggelar apel sebelum dilakukan penyemprotan

“ Semoga darah yang didonorkan olah anggota dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mengingat kegiatan donor darah ini sangat penting, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kemanusiaan,” katanya.

Hadir di kegiatan tersebut di antaranya, PMI Wonogiri Kepala UTD PMI Wonogiri, dr Heri Susanto, Kepala Puskesmas 1 Pracimantoro dr Cahyo Indriyanto, Kepala Puskesmas II Pracimantoro dr Satyawati Prawiroharjo, anggota Koramil 13/Pracimantoro, Serma Sriyadi beserta lima orang anggota Babinsa, Polsek Pracimantoro, Aiptu Sugeng.

Data di PMI Wonogiri, stok darah masih tersedia. Data yang disebar melalui WhatsApp grup ditulis stok darah A sebanyak 43 kantong, golongan darah B sejumlah 97 kantong, golongan darah AB sebanyak 29 kantong dan stok golongan darah O sebanyak 54 kantong.

Kepala UTD PMI Wonogiri, dr Heri Susanto menjelaskan jadwal pengambilan darah sudah tersusun hingga sebulan kemudian namun terkadang ada pembatalan. Menurutnya, pembatalan dikarenakan kondisi daerah masuk zona merah covid-19.

“Hari ini, jadwal pengambilan darah bagi pendonor Kecamatan Bulukerto di Gedung PMI Wonogiri tetapi dibatalkan. Pengambilan darah secara mobiling dilakukan ke daerah-daerah aman dan nyaman dari covid-19,” ujarnya.

Pelaksanaan pengambilan darah menggunakan protokol kesehatan. Yakni pendonor disemprot disinfekfan, dicek thermogun sebelum dites tensi maupun hemaglobin.

“Petugas dari PMI mengenakan alat pelindung diri komplit,” jelasnya.

Sementara itu, penyemprotan disinfektan juga bekerja sama dengan PMI Wonogiri, BPBD Wonogiri. Penyemprotan disinfektan dilakukan di area pendopo Kecamatan Pracimantoro, sekitaran Pasar Pracimantoro, Terminal Pracimantoro dan Pasar Hewan Pracimantoro.

Camat Pracimantoro, Warsito, menjelaskan, penyemprotan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Pracimantoro.

Bintara Tinggi Urusan Dalam (Batuud) Koramil 13/Pracimantoro, Pelda Rohmat, menambahkan dengan adanya penyemprotan disinfektan secara rutin diharapkan masyarakat khususnya yang di Kecamatan Pracimantoro akan terbebas dari Covid-19. (Trianto Hery Suryono)

Penulis : Trianto Hery Suryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here