TNI/Polri dan Dinas Lakukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Aceh Selatan

0
144
Foto : TNI/Polri Aceh Selatan serta Dinas terkait lakukan Razia masker dan terapkan protokol kesehatan, Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. (Kausar).

TAPAKTUAN, Beritamerdekaonline.com – Personil gabungan TNI/Polri, Satuan Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Perhubungan serta Satgas Covid-19  Kabupaten Aceh Selatan melakukan penegakan disiplin Protokol Kesehatan yang berlangsung di Jl. Nasional tepatnya di depan Mesjid Istiqomah Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Jum’at (14/08/2020).

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB yang juga merupakan Wakil Ketua I Satgas Covid-19 Aceh Selatan menyampaikan, kegiatan dilakukan sesuai Nomor Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Kegiatan ini digelar seiring dengan terus meningkatnya kasus positif Virus Corona diwilayah Kabupaten Aceh Selatan saat ini,”kata Dandim.

Dandim Aceh Selatan memaparkan, para pengendara yang melintas apabila ditemukan tidak mengenakan masker, maka akan diberhentikan dan dicatat identitasnya oleh petugas, setelah itu diberikan peringatan berupa teguran membersihkan halaman Mesjid setempat.

Kemudian, setelah teguran itu dilaksanakan, selanjutnya masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker itu diberikan edukasi terkait kedisiplinan protokol kesehatan, selanjutnya diberikan masker kepadanya agar kedepannya selalu memakai pada setiap berada diluar rumah.

Lebih lanjut, Dandim menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan guna memberikan penekanan terkait kepatuhan, kedisiplinan serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjalankan anjuran protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

“Hal ini juga merupakan arahan dan upaya kita terhadap penegakan penerapan kedisiplinan protokol kesehatan khususnya diwilayah aceh selatan,”papar Dandim.

“Kegiatan penegakan disiplin memakai masker ini akan terus dilakukan hingga masyarakat memiliki kesadaran menjalankan protokol kesehatan secara maksimal demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan dari penyebaran virus corona,”imbuh Dandim.

Saat ini, sambung Dandim, masyarakat harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19.

“Penyebaran dan penularan virus corona ini belum berakhir. Untuk itu kita harus dapat beradaptasi dimasa pandemi ini dengan cara merubah pola hidup sehat. Seperti selalu memakai masker saat diluar rumah, rajin cuci tangan, jaga jarak ketika ditempat keramaian dan makan makanan yang bergizi. Mudah-mudahan, dengan kedisiplinan yang tiada hentinya. Kita semua dapat melawan virus corona ini,” tutup Dandim.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Asisten I Erwiandi, S. Sos. M. Si, Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardianto Nugroho, Pasi Intel Kodim Kapten Arm Tajuddin, Kasat Pol PP dan WH, Diky Ichwan, S. STP, Kabid Darat Dinas perhubungan Aceh Selatan, Sukair, SE. (Kausar).

Penulis : Kausar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here