Wujudkan Visi Aceh Selatan Hebat, Pemkab Perpanjang Runway Bandara Teuku Cut Ali

0
672
Foto : Tempat lahan untuk pembangunan dan perpanjangan landasan pacu (runway) pada bandara T. Cut Ali Tapaktuan. (Kausar)

TAPAKTUAN, Beritamerdekaonline.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan dan perpanjangan landasan pacu (runway) pada bandara T. Cut Ali Tapaktuan.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Selatan Filda Yulisbar dalam kunjungannya di Bandara T. Cut Ali mengatakan pemerintah kabupaten Aceh Selatan sangat berkomitmen untuk kelanjutan pembangunan bandara T. Cut Ali kepada Beritamerdekaonline.com, Selasa (18/08/2020).

“Pemerintah kabupaten Aceh Selatan siap melakukan pembebasan lahan milik warga seluas 10 hektar, untuk keperluan pembangunan dan perpanjangan landasan pacu (runway) secara bertahap, untuk tahap awal, mungkin kita bebaskan 4 hektar dulu,” kata Filda Yulisbar.

“kita juga lagi menunggu hasil penilaian dari Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP). Setelah itu, baru bisa kita anggarkan berapa kebutuhan anggaran, dan ketika sudah ada hasil dari KJPP harga per meter yang harus kita bayar untuk pembebasan lahan warga tersebut, kita mengunakan acuan dari hasil KJPP nantinya,” jelasnya.

Selain itu, kepala Bandara T. Cut Ali Dodiek Setyono, ST menambahkan, untuk masterplan bandara di targetkan sampai 1400 meter untuk runway, namun untuk sekarang ini panjang landasan pacu hanya 1280 meter artinya kita masih perlu pembebasan lahan untuk landas pacu  sampai dengan 1.400 meter.

“Tetapi yang perlu kita genjot dulu untuk tahap awal 4 hektar untuk lahan parkir kemudian baru 6 hektar lagi, dan untuk runway di bandara T. Cut Ali untuk saat ini hanya bisa untuk jenis pesawat perintis seperti Susi Airline, dan Grand Caravan yang kapasitas penumpang hanya 12 orang, bandara T. Cut Ali ini adalah bandara tertua di Pantai Barat selatan, kita bersama-sama dengan pemerintah kabupaten Aceh Selatan untuk memajukan bandara ini,” Pungkasnya. (Kausar)

Penulis : Kausar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here