banner 1028x90

Petani Senang, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier di Desa Singawada, Dapat Berjalan

MAJALENGKA, Beritamerdekaonline.com – Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier ( RJIT ) di sawah Paris, dikelola kelompok Tani Majalengka. Petani sawah paris yang berada di Desa Singawada, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, memang sangat mengapresiasi program percepatan rehabilitasi jaringan irigasi Tersier ( RJIT ) tahun 2020.

Program tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kinerja jaringan irigasi, sehingga dapat meningkatkan peluasan area tanam indek pertanaman dan produktivitas serta rasa membangun dan rasa memiliki jaringan irigasi yang telah direhabilitasi.

Menururt seorang petani, Iding Saat ditemui Beritamerdekaonline.com, mengatakan, bahwa di lokasi sawah Paris 3, sudah ada rehabilitasi saluran irigasi Desa, hal ini sangat membantu warga untuk melancarkan pengairan sawah, Sehingga aliran air menjadi meningkat.

” Alhamdulillah dengan direhabilitasi saluran irigasi ini, saat musim panen, hasil panennya meningkat dan para petani tidak lagi kesulitan untuk menggarap sawah akibat kekurangan air, jika selama ini yang tadinya kesulitan untuk menggarap sawah akibat kekurangan air, sekarang ini sudah kembali lancar,” katanya, Rabu (9/8/2020).

Ditempat yang sama, Maman seorang petani disawah paria 3 juga, menambahkan, dia merasakan manfaat adanya rehabilitasi saluran irigasi ini.

“Sangat bermanfaat sekali, saya senang bisa menggarap aliran irigasi sawah ini, saya juga bisa ikut kerja. Selain itu, aliran sawah lancar di desa kami,” tuturnya.

Sementara itu, Urita, selaku pelasana kerja UPKK dan juga ketua kelompok tani, ditemui dirumahnya menjelaskan, bahwa program tersebut dikerjakan secara sewa kelola kelompok tani dilaksanakan 45 hari kerja dengan anggaran RP 55 juta dan polume 280m3.

“Kami kerjakan sudah sesuai Kerangka Acuan Kerja ( KAK ), Kami berharap pekerjaan selesai dengan tepat waktu, tak ada kendala apapun adapun program tersebut. Kami kerjakan sesuai gambar di ( RAB ) dan tranparan tidak ada yang kami tutup-tutupi,” Tandas Urita.  (Didi)

Penulis : Didi Rusdi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics