21 Orang Terjaring Operasi Yustisi Masker Oleh Tim Gabungan Wonogiri

0
64
Foto : Seorang pengguna jalan diberi pembinaan oleh anggota tim gabungan saat terjaring menggunakan masker tidak tepat di depan Pasar Wonogiri. (Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI, Beritamerdekaonline.com – Sejumlah 21 warga Wonogiri terjaring Operasi Yustisi Masker oleh tim gabungan terdiri atas petugas Satpol PP, TNI dan Polri, Senin (14/9/2020). Razia dilakukan di dua tempat yakni di depan Pasar Wonogiri dan wilayah Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri. Anggota tim gabungan menjaring pengguna jalan yang tak disiplin memakai masker seperti di dagu ataupun sama sekali tidak membawanya.

Razia ini menurut salah seorang tim asal TNI, Serma Suryadi menjelaskan, razia masker sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Foto : Apel tim gabungan yustisi masker Wonogiri di depan halaman Pasar Wonogiri. (Trianto Hery Suryono)

“Kegiatan dilaksanakan di depan Pasar Wonogiri menyasar pengguna kendaraan yang kedapatan tidak memakai masker ataupun memakai masker namun diturunkan didagu dan kepada pengunjung Pasar Wonogiri,” katanya.

Menurutnya adal 21 pelanggar protokol kesehatan. Mereka didata oleh tim gabungan dan diimbau agar lebih patuh dan disiplin lagi, utamanya dalam penggunaan masker.

“Tak sedikit dari mereka juga mendapat hukuman tambahan dari petugas berupa pengucapan Pancasila,” bebernya.

Lebih lanjut Suryadi meminta kepada para pelanggar dan masyarakat umumnya agar patuh terhadap himbauan pemerintah. “Kepada pelanggar, anggota tim gabungan meminta  tidak mengulangi lagi dan meminta penggunaan masker bukan hanya sebagai hiasan tetap dipakai secara benar. Jangan hanya dikalungkan atau ditaruh didagu saja karena fungsi masker adalah untuk menyaring maupun mencegah bakteri maupun adanya virus covid-19 masuk dalam pernafasan manusia,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kepedulian terhadap keamanan dari pandemi Covid-19 harus ada dari setiap individu. Sebelum melaksanakan razia, anggota tim melakukan apel yang dipimpin Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Indra Hartono di halaman Pasar Wonogiri.

“Tugas kita mendampingi anggota Satpol PP dalam pelaksanaan operasi masker, agar anggota yang dilapangan apabila mendapati orang yang tidak memakai masker supaya diarahkan kepada petugas Satpol PP untuk dilakukan pendataan,” tandasnya. (Trianto Hery Suryono)

Penulis : Trianto Hery Suryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here