Barang Bukti Dari Ungkap Kasus Narkotika, Dimusnahkan Polres Magelang

0
125

MAGELANG, Beritamerdekaonline.com – Perang melawan Kejahatan Narkoba terus di galakan oleh Jajaran Kepolisian Polres Magelang Polda Jateng, dengan berhasil mengamankan pemakai maupun pengedar dengan barang bukti berbagai jenis dan golongan narkotika.

Selama tahun 2020 hingga bulan September Sat Narkoba Polres Magelang berhasil mengungkap sebanyak 34 kasus dengan mengamankan 41 tersangka, sebagai barang bukti berupa Ganja = 222, 66 gram dan 46 batang tanaman ganja, Shabu = 42, 51 gram, Gorilla= 28, 04 gram.

Demikian antara lain yang disampaikan oleh Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba SIK, M.Si melalui Wakapolres Kompol Aron Sebastian, dalam acara Pemusnahan Barang bukti Narkotika golongan I jenis Ganja yang dilangsungkan di Halaman belakang Polres Magelang, Selasa,(22/9/2020)

Barang bukti yang di musnahkan kali ini dengan jenis ganja hasil  sitaan satuan Nakoba dari  hasil ungkap kasus dua tersangka masing masing Aji Feri Fanani warga Mertoyudan dan Dedy Istiawan warga Dukun yang keduanya berhasil di tangkap pada Hari selasa  8 September 2020.

“ Adapun barang bukti tersebut berupa  4(empat) batang pohon Ganja di dalam polybak warna hitam dengan tinggi kurang lebih 1,5 m, 37 (tiga puluh tuju) batang pohob Ganja di dalam pot dan Polybag dengan tinggi kurang lebih 10 cm s/d 20 cm, 2(dua) batang pohon Ganja ukuran besar di dalam polybag dengan tinggi kurang lebih 90 cm s/d 120 cm,  3(tiga) batang Ganja kering, biji ganja kering seberat 19,92 gram, ganja kering 4, 56 gram,” imbuhnya.

Masih Waka Polres,  bahwa pemusnahan barang bukti ini sudah mendapatkan ketetapan dari Kepala Kejaksaan Negeri Magelang, hal ini merupakan dari salah satu proses penyidikan yang telah diatur dalam undang undang RI nomo 39 tahun 2009 tentang Narkoba.

“Kegiatan pemusnahan ini merupakan wujud sinergitas Criminal Justice system dari berbagai instansi terkait dalam rangka pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran Narkotika di Wilayah Kabupaten Magelang,“ jelasnya.

“Besar harapan dengan berbagai upaya yang dilakukan ini dapat memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia khususnya di Wilayah Kabupaten Magelang,” pungkasnya.

Pemusnahan barang sitaan tanaman ganja dengan cara tanaman dimasukkan ke dalam Tong Sampah yang terbuat dari besi kemudian dilakukan pembakaran secara simbolis oleh Kapolres, Kajari Kabupaten Magelang, Ketua PN Mungkid dan Kadis Kesehatan Kabupaten Magelang, serta Kepala BNNK Kabupaten Magelang, selanjutnya sampah hasil pembakaran akan dikubur dalam lubang yang telah disiapkan. (Candra).

Penulis : Candra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here