Bupati Asahan, Siap Bantu SDM Wartawan Gelar UKW

0
159
Foto: Ketua PWI Kabupaten Asahan Indra Sikumbang SH periode 2020/2023, saat memberikan sambutannya. (Dodi Antoni).

ASAHAN, Beritamerdekaonline.com – Indra Sikumbang SH selaku Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan menyambut baik rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Bupati H Surya, yang menegaskan kembali akan membantu terciptanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada wartawan dengan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dalam rangka mendukung terciptanya insa pers yang professional dan berkompeten.

“Kemarin ketika acara konferensi sudah kita dengar bersama pernyataan Bupati Asahan dihadapan ketua PWI Sumut yang pada intinya Pemkab Asahan sangat mendukung terciptanya profesionalitas profesi wartawan dengan menggelar UKW yang sebenarnya sudah hampir kita laksanakan tahun lalu namun sempat tertunda,” kata Indra Sikumbang, Ketua PWI Asahan, Rabu (23/09/2020).

Ketua PWI Asahan mengatakan, dalam kondisi saat ini UKW bagi wartawan menjadi dapat dikatakan sebuah keharusan yang harus dijalani disamping meningkatkan pemahaman terhadap UU Pers dan kode etik jurnalistik.

Sebelumnya, Bupati Asahan H Surya dalam acara pembukaan Koferensi VIII PWI Asahan kemarin menegaskan Pemkab Asahan tetap berupaya mendukung terciptanya wartawan yang baik didaerahnya sehingga dapat menjadi penyambung informasi maupun memberikan sumbang kritik dalam perjalanan pemerintahan daerah.

“Sebenarnya tahun lalu sudah akan kita laksanakan namun sempat ditunda. Olehkarena itu, saya sudah sampaikan ke Dinas Kominfo agar menggelar kegiatan UKW ini di tahun depan dan dianggarkan sebagai bentuk dukungan Pemkab Asahan demi menciptakan wartawan yang professional,” kata Surya.

Hal itu pula kembali diulang dan ditegaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar saat menghadiri acara penutuan konferensi. Ia mengaku kembali dipesankan oleh Bupati agar pelaksanaan UKW harus terlaksana di tahun depan.

“Ini menjadi komitmen kami bersama dengan PWI. Pak Bupati sudah sampaikan ulang kepada saya, bahwa tahun depan kita akan menggelar kegiatan UKW untuk wartawan di Kabupaten Asahan,“ ucapnya. (Dodi Antoni)

Penulis : Dodi Antoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here