BK Kementan Gelar Kampanye Pemanfaatan Lahan Pekarangan Serta Panen Raya

0
1299

SELUMA, Beritamerdekaonline.com – Kampanye pemanfaatan lahan pekarangan serta panen raya diselenggarakan oleh BK Kementan, di Kungkai Baru, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, Kamis (24/9/2020).

Acara kampanye pemanfaatan lahan pekarangan tahun 2020  serta Panen Raya ini di fokuskan di Desa Kungkai Baru, Kecamatan Air Periukan, dengan dihadiri Asisten 2 Hj Yuliwani SE.MM, Kepala Bidang Kosumsi dan ketahanan kabupaten Seluma Zainal Iksan Sahudi, Camat Air Periukan Sukran, Kepala Desa Kungkai Baru, Mahmudi dan Dinas terkait dari propinsi dan kabupaten Seluma.

Dalam sambutannya Kepala Bidang konsumsi, Hj Yuliwani SE.MM menyampaikan, Kampanye Pemanfaatan Lahan Pekarangan Tahun 2020 di Propinsi Bengkulu ini dengan tema “Pekarangan Sumber pangan keluarga, lestari pekaranganku, pasti sehat keluargaku”

Berdasarkan UU no 18 thn 2012,Penyelenggaraan Pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata dan berkelanjutan, berdasarkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan dan Ketahanan Pangan.

Dalam UU no 18 thn 2012 tentang pesan mengamanatkan pemerintah dan Pemda berkewajiban untuk mewujudkan Keanekaragaman konsumsi pangan, untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai potensi dan kearifpan lokal.

Dikatakan Iksan, guna mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif sesuai PP no 17 thn 2015,pasal 26 tentang ketahanan pangan dan gizi, salah satunya dapat melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Pemerintah melalui  BK Kementan, Kata Iksan, telah melaksanakan kegiatan KRPL thn 2010-2019, P2L thn 2020, Kegiatan ini mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas rentan pemantapan daerah tahan pangan.

“Kegiatan P2L ini, bertujuan untuk peningkatan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan, rumah tangga sesuai kebutuhan. Meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pasar berorentasi pasar,” ungkap Iksan.  (MS/ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here