Polri, TNI, Backup Satpol PP Laksanakan Operasi Yustisi Penegakan Penggunaan Masker

0
382
Foto : Kabag Ops AKP Maryadi berikan arahan kepada pengunjung Angkringan Pabelan, agar selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan jaga jarak, Sabtu (26/9/20). (Candra).

MAGELANG, Beritamerdekaonline.com – Pemkab Magelang melalui Satpol PP di backup jajaran Polres magelang dan Kodim menggelar oprasi Yustisi penegak Peraturan Daerah terkait upaya memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di wilayah Kabupaten Magelang, Sabtu (26/9/20) dini hari.

Menurut Kabag Ops  Polres Magelang AKP Maryadi menyampaikan,”Operasi ini dilakukan sebagai upaya untuk menegakan Peraturan Daerah,Perbub dalam rangka mencegah penyebaran Covid -19.

Foto : Petugas gabungan sedang memeriksa anak anak club motor, yang sedang nongkrong di Metro Squaer, Sabtu (26/9/20). (Candra)

“Hari ini secara nasional,Satgas Pusat memerintahkan seluruh jajaran untuk melaksanakan penegakan hukum terkait Peraturan Daerah yang ada untuk mencegah Virus Covid,yakni wajib memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelas Kabag Ops Polres Magelang.

Polri dan TNI yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi ini, sifatnya membackup Satpol PP yang merupakan garda terdepan dalam penegakan Perda.

Kasat Shabara AKP Bambang S juga menyampaikan, Sudah saatnya pihak kepolisian akan bertindak tegas.

“Bubar kan semua orang orang yang berkerumun, jangan sampe ada klaster klaster yang baru lagi muncul,” terangnya.

Sementara itu dari Satpol PP Bambang S  mengatakan, Operasi gabungan tiga pilar ini yaitu, TNI,Polri dan Satpol PP ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid -9.

“Kegiatan ini kami mulai dari lapangan Soepardi di sana kami temukan 5 orang yang kedapatan tidak memakai masker, setelah diberi arahan kami berikan sanksi untuk menyayikan lagu Pancasila, dan mengucapkan pernyataan agar selalu memakai masker saat keluar rumah.

“Setelah itu kami lanjutkan ke arah candi Mendut, karena malem minggu banyak anak anak yang tongkrong di area candi mendut, dan mereka sudah mentaati peraturan memakai masker semua,” tambahnya.

Team gabungan terus melanjutkan di tempat Angkringan di Kampung Ulam Ngrajeg, di sini pengelola angkringan sudah menerapkan protokol kesehatan, sebelum masuk ke lokasi angkringan sudah disediakan penyemprotan densifektan, bahkan karyawan dan pengunjung semua memakai masker, tempat duduk pengunjung sudah diberi silang untuk jaga jarak duduknya

.“Oprasi kami lanjutkan di Angkringan Pabelan, disini pengelola kami tegur dan di pastikan akan di panggil di kantor Satpol PP guna mempertanggung jawabkan atas kelalaian pihak pengelola tidak menerapkan protokol kesehatan yakni, tidak menyediakan tempat yang berjarak. Dan tempak ratusan pengunjung bahkan duduknya berdampingan, tidak ada jarak sama sekali,” ungkapny.

.“Setelah itu kami teruskan ke arah Mertoyudan Metro Square di sini kami dapatkan anak anak club motor yang sedang bergerombol, setelah kami beri arahan oleh Kabag Ops AKP Maryadi dan Kasat Shabara AKP Bambang, anak anak tersebut di suruh pulang kerumah masing masing. Oprasi Seperti ini akan sering kami lakukan demi memutus penyebaran  Covid -19. Harapan kami kepada masyarakat, patuhilah protokol kesehatan,”Maskerku melindungimu masker mu melindungiku.”,” Tutupnya. (Candra)

Penulis : Candra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here